Pahami Cara Kalibrasi Thickness Film Gauge dengan Tepat

Kalibrasi Thickness Film Gauge

Thickness Film Gauge atau alat ukur ketebalan cat adalah alat yang digunakan untuk mengukur ketebalan cat yang didesain untuk mengukur lapisan non destruktif yang mampu digunakan secara portabel dan presisi.

Seperti namanya fungsi dari Thickness Film Gauge adalah untuk mengetahui ketebalan cat di suatu permukaan benda yang dicat, untuk cat standar yang dapat melakukan ketebalan cat sebesar 35-55m.

Dalam prakteknya Thickness Film Gauge ini bisa saja salah dalam melakukan pengukuran sehingga dibutuhkan kalibrasi. Lalu bagaimana cara kalibrasi Thickness Film Gauge? Dan apa saja yang dibutuhkan dalam melakukan kalibrasi Thickness Film Gauge? Untuk menjawabnya mari kita bahas di artikel berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Thickness Film Gauge

Tujuan dalam melakukan kalibrasi Thickness Film Gauge adalah :

  • Menentukan nilai penyimpangan pada saat melakukan pengukuran ketebalan cat.
  • Mendukung penerapan nilai ketertelusuran dalam standar kalibrasi yang lebih tinggi.
  • Memastikan bahwa hasil dari pengukuran Thickness Film Gauge yang tepat yang sesuai dengan standar internasional.

Manfaat Kalibrasi Thickness Film Gauge

Adapun manfaat dalam kalibrasi Thickness Film Gauge diantaranya:

  • Memastikan agar kondisi Thickness Film Gauge tetap presisi dan sesuai dengan spesifikasinya.
  • Mendukung sistem mutu produksi yang menggunakan Thickness Film Gauge.

Cara Kalibrasi Thickness Film Gauge

Dalam melakukan kalibrasi Thickness Film Gauge secara maksimal harus dilakukan sesuai dengan langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Tahap kalibrasi Thickness Film Gauge awal adalah memastikan bahwa Thickness Film Gauge dalam keadaan baik dan tidak rusak, persiapkan alat untuk melakukan kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Melakukan kalibrasi hendaknya dilakukan oleh orang yang berkompeten dengan menunjukan sertifikatnya. Karena kalibrasi adalah proses yang membutuhkan ketelitian dan juga harus sesuai dengan standar internasional.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Melakukan pengecekan lingkungan yang mana bisa mempengaruhi hasil pengukuran kalibrasi. Adapun beberapa kondisi lingkungan yang bisa menyebabkan kesalahan dalam hasil kalibrasi seperti kelembaban, suhu, getaran, cahaya, hingga gravitasi.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Memilih metode kalibrasi harus sesuai dengan standar nasional ataupun internasional yakni IK-KM-DM19 dengan Rentang Ukur: 0mm ~ 2.5mm, 2.51mm ~ 8mm, 8.1mm ~ 15mm
  5. Pelaksanaan kalibrasi Sumber Frekuensi
    Melakukan proses kalibrasi awal adalah pengamatan terhadap Thickness Film Gauge yang akan dikalibrasi bahwa masih memiliki bentuk dan fungsi yang normal, kemudian dilakukan pengujian pengukuran untuk mengetahui hasilnya masih dalam rentang ukur yang wajar atau tidak. Kemudian dilakukanlah pencatatan dan pengambilan data untuk pelaporan nantinya.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Melakukan pengamatan dan perhitungan setelah melakukan proses kalibrasi adalah mencari berapa nilai-nilai yang dibutuhkan seperti nilai penyimpangan, nilai rata-rata, dan nilai maksimum-minimum yang akan dijadikan acuan informasi pelaporan.
  7. Pembuatan laporan
    Tahapan pelaporan ini adalah berisikan sesuai segala informasi yang berkaitan dengan hasil kalibrasi sebelumnya. Selain itu pelaporan ini haruslah sesuai dengan pedoman ISO.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Thickness Film Gauge

Hasil dari kalibrasi menunjukan beberapa parameter yang akan menentukan bahwa Kalibrasi Thickness Film Gauge berhasil dilakukan dengan berbentuk sertifikat kalibrasi. Setelah dilakukannya kalibrasi maka bisa menghasilkan nilai hasil pengukuran yang sesuai dengan standar internasional.

Kesimpulan

Dari bahasan diatas sudah disebutkan bahwa melakukan kalibrasi Thickness Film Gauge adalah suatu hal yang harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku. Memang kalibrasi ini harus dilakukan oleh orang yang bersertifikat dan berkompeten dalam melakukan kalibrasi. Atau Anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi Thickness Film Gauge terpercaya yakni di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi Thickness Film Gauge