Pengertian, Tujuan, Manfaat serta Cara Kalibrasi Stopwatch

kalibrasi Stopwatch

Stopwatch atau timer merupakan alat ukur interval waktu yang terdapat 4 komponen utama yakni osilator (oscillator), pencacah (counter), peraga (display), dan sumber daya (power source). Yang mana menghasilkan sinyal frekuensi yang digunakan dalam mengukur interval waktu. 

Secara umum stopwatch ada 2 jenis yakni stopwatch digital dan stopwatch analog. Stopwatch digital menggunakan komponen elektronik untuk mengukur interval waktu, sedangkan stopwatch analog menggunakan perangkat mekanik untuk pengukuran interval waktu yang berupa pegas atau motor yang telah diselaraskan yang dinamakan dengan osilator.

Stopwatch ini merupakan salah satu alat ukur yang memerlukan kalibrasi. Nah di artikel berikut ini kita akan membahas tujuan mengkalibrasi stopwatch hingga prosedur kalibrasi stopwatch.

Tujuan Kalibrasi Stopwatch

Adapun tujuan kalibrasi stopwatch ini adalah untuk menentukan dan membandingkan nilai dari stopwatch yang dikalibrasi dengan hasil ukur stopwatch yang sudah dikalibrasi dengan nilai ketertelusuran dengan standar yang lebih tinggi.

Manfaat Kalibrasi Stopwatch?

Adapun manfaat kalibrasi stopwatch adalah:

  1. Mengetahui nilai penyimpangan yang ada pada stopwatch.
  2. Mengetahui bahwa stopwatch yang dikalibrasi sesuai dengan standar yang digunakan.
  3. Mengetahui apakah stopwatch ini masih bisa diperbaiki atau harus diganti.
  4. Dapat meningkatkan kualitas produksi dari sektor industri yang berkaitan dengan penggunaan stopwatch.

Cara Kalibrasi Stopwatch

Untuk melakukan kalibrasi stopwatch harus menggunakan prosedur yang sesuai dengan standar internasional, ada beberapa tahapan dalam melakukan kalibrasi dimulai dari persiapan, pengkondisian lingkungan, metode kalibrasi yang digunakan, pelaksanaan kalibrasi, perhitungan kalibrasi, dan pelaporan dengan penjelasan berikut ini.

  1. Proses persiapan 
    Sebelum melakukan kalibrasi maka diperlukan beberapa persiapan diantaranya, meninjau dan memahami prinsip operasional dari UUT, semua peralatan yang dibutuhkan, dan seluruh langkah pengukuran yang tertuang pada prosedur kalibrasi. Memastikan bahwa semua peralatan kalibrasi sudah dalam kondisi baik dan siap dioperasikan.
  2. Eksekutor kalibrasi Stopwatch
    Dalam melakukan aktifitas kalibrasi stopwatch harus dilakukan oleh orang yang ahli dibidang kalibrasi serta memiliki akreditasi untuk melakukan kalibrasi. Hal ini dikarenakan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam proses pengukuran yang dilakukan oleh orang yang berkompeten di bidangnya.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Stopwatch
    Menjaga kondisi lingkungan seperti suhu dan kelembaban di tempat pelaksanaan kalibrasi adalah hal yang penting. Jika kondisi lingkungan tidak terpenuhi maka aktivitas kalibrasi tidak dapat dilakukan.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Stopwatch
    Metode kalibrasi yang digunakan untuk mengkalibrasi stopwatch bisa menggunakan metode perbandingan langsung atau Metode Kalibrasi TO-EM-7.11, IK-KL-LS20, IK-KL-LS21 dengan rentang ukur 10s ~ 3600s, 1s ~ 24 jam.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Stopwatch
    Pelaksanaan kalibrasi stopwatch yang dimulai dari pengamatan hingga penentuan ketidakpastian. Kalibrasi ini memerlukan ketelitian dalam melakukan kalibrasi.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Pelaksanaan perhitungan hasil kalibrasi adalah langkah penting selanjutnya sesuai dengan metode yang disebutkan tadi. Proses perhitungan ini meliputi konversi satuan, menghitung nilai maksimum minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, dan penentuan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Prosedur kalibrasi yang terakhir adalah pelaporan terhadap hasil dari kalibrasi stopwatch sesuai dengan format pada pedoman SNI 19-17025. Dalam pembuatan laporan ini terdiri dari 4 tahapan penting yakni pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Stopwatch

Adapun parameter yang dijadikan hasil kalibrasi stopwatch diantaranya adalah :

  1. Nilai penyimpangan yang menentukan bahwa stopwatch ini perlu dilakukan penyetelan ulang atau tidak.
  2. Angka ketidakpastian yang bisa terjadi akibat kesalahan terhadap pengukuran ataupun hal lain.

Kesimpulan

Dari bahasan diatasi kita dapat menyimpulkan bahwa kalibrasi stopwatch harus dilakukan di laboratorium terakreditasi dan dilakukan sesuai dengan prosedur. Bagi Anda yang ingin melakukan kalibrasi bisa melakukannya di Kalibrasi.com atau pelajari lebih lanjut dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi Stopwatch