Apa saja Tujuan Kalibrasi Metal Rules? Simak disini!

kalibrasi Metal Rules

Metal Rules atau mistar baja adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur dimensi panjang, lebar, dan tebal. Adapun skala Metal Rules ini biasanya menunjukan milimeter atau inchi yang mana merupakan standar internasional.

Pada umumnya bentuk dari Metal Rules ini lurus saja ataupun berbentuk L dengan sudut 45 ° dan 90°. Dari materialnya baja ini biasanya tahan karat dan pemeliharaannya cukup mudah.

Namun begitu Metal Rules ini sama seperti alat ukur lainnya yang mana membutuhkan kalibrasi untuk menjaga spesifikasinya. Adapun cara untuk kalibrasi Metal Rules yang akan dibahas di artikel berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Metal Rules

Dalam melakukan kalibrasi Metal Rules bertujuan untuk :

  • Mendukung adanya nilai ketertelusuran yang sama seperti standar kalibrasi yang lebih tinggi.
  • Menemukan adanya nilai penyimpangan pada saat melakukan kalibrasi Metal Rules.
  • Memastikan hasil pengukuran Metal Rules sudah tepat sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Metal Rules

Adapun manfaat dalam kalibrasi Metal Rules diantaranya:

  • Memastikan bahwa Metal Rules masih sesuai dengan spesifikasinya.
  • Mendukung aktivitas produksi dari industri yang menggunakan Metal Rules sebagai instrumen ukurnya.
  • Menaikan reputasi industri.

Cara Kalibrasi Metal Rules

Melakukan kalibrasi Metal Rules haruslah sesuai dengan spesifikasi dan standar yang berlaku berikut prosedur kalibrasi yang sesuai dengan standar internasional.

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Tahap awal dalam kalibrasi adalah mempersiapkan Metal Rules yang masih normal dan tidak rusak, dan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Melakukan kalibrasi hendaknya dilakukan oleh orang yang memiliki sertifikat kalibrasi yang menunjukan bahwa ia memiliki kompetensi dalam melakukan kalibrasi dengan baik.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Melakukan pengecekan bahwa lingkungan tempat kalibrasi terhindar dari berbagai faktor yang bisa mempengaruhi hasil kalibrasi seperti suhu, kelembaban, gravitasi, getaran, dan cahaya.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Memilih metode kalibrasi yang sesuai dengan standar internasional seperti berikut: Metode Kalibrasi: JIS B 7516:2005 Rentang Ukur: 0mm ~ 300mm
  5. Pelaksanaan Kalibrasi Metal Rules
    Melakukan proses kalibrasi metal rules diawali dengan mengecek bahwa Metal Rules dalam keadaan normal dan kondisinya bersih dan terbebas dari kotoran. Melakukan pengujian pengukuran sesuai kapasitasnya. Jika wajar maka dilakukan pencatatan dan pengambilan data sesuai hasil pengukuran.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Dari hasil pengukuran kalibrasi diatas maka akan dilakukan pengamatan dan perhitungan sesuai dengan prosedur, adapun perhitungan yang akan dilakukan adalah nilai penyimpangan, nilai rata-rata, dan nilai maksimum-minimum yang akan dijadikan acuan informasi pelaporan.
  7. Pembuatan laporan
    Informasi pelaporan terakhir berisikan tentang nilai-nilai ketidakpastian yang bisa terjadi akibat kesalahan kalibrasi hingga nilai kelayakan pakai dari alat ukur metal rules ini. Dan juga pelaporan kalibrasi haruslah sesuai dengan isi dari pedoman ISO.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Metal Rules

Hasil dari kalibrasi menunjukan beberapa parameter yang akan menentukan bahwa Kalibrasi Metal Rules berhasil dilakukan dengan berbentuk sertifikat kalibrasi. Setelah dilakukannya kalibrasi maka bisa menghasilkan nilai hasil pengukuran yang sama dengan standar internasional.

Kesimpulan

Melihat bahasan barusan kita dapat memahami bahwa melakukan kalibrasi metal rules adalah sebuah hal yang sudah diatur dalam pedoman ISO yang berstandar internasional.

Tidak hanya itu saja, melakukannya haruslah dilakukan oleh orang yang tersertifikasi sehingga tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Jika Anda ingin menggunakan jasa kalibrasi maka bisa hubungi Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Metal Rules