Pentingnya Kalibrasi H2S Analyzer, Wajib Tahu!

kalibrasi H2S Analyzer

Berbicara mengenai Kalibrasi, pastinya terdapat teknik atau metode yang digunakan dalam prosedur pelaksanaanya. Sebagaimana yang telah disyaratkan dalam prosedur kalibrasi salah satunya teknik kalibrasi H2S Analyzer. Kalibrasi dengan teknik ini adalah menggunakan alat yang dapat untuk mendeteksi dan memberikan peringatan terhadap adanya gas beracun seperti H2S hasil bekas produksi.

Dari penjelasan tersebut sekarang dapat Anda tahu bahwa kalibrasi HS Analyzer sangat penting dilakukan terutama dalam kegiatan industri. Dengan dilakukannya kalibrasi H2S Analyzer akan membenarkan pengukuran gas dengan peralatan gas analyzer dengan cara membandingkan langsung dengan acuan alat ukur yang tertelusur ke sistem satuan internasional. 

Lalu Apa sebenarnya kalibrasi H2S Analyzer itu?  Untuk lebih lengkapnya mengenai teknik kalibrasi ini dapat Anda simak pada pembahasan berikut ini :

Tujuan Kalibrasi H2S Analyzer

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwasanya dengan melakukan kalibrasi H2S analyzer akan membantu mendeteksi gas yang terkandung di suatu area hasil bekas produksi.. Oleh karenanya hasil pengujian kalibrasi H2S Analyzer dapat memberikan informasi penting dalam menilai batas aman atau toleransi dari gas H2S yang dihasilkan dari proses produksi. 

Sebagaimana yang telah Anda tahu, kalibrasi dibutuhkan pada alat ukur yang digunakan secara terus menerus hingga kehilangan akurasi dan presisinya. Hal tersebut juga dapat terjadi pada H2S Analyzer, kalibrasi yang dilakukan agar alat tetap sesuai dengan standar baik nasional maupun internasional.

Manfaat Kalibrasi H2S Analyzer

Prosedur kalibrasi H2S dilakukan untuk memastikan bahwa pengukuran gas H2S telah akurat dan dapat diandalkan. Tentu saja terdapat manfaat yang didapatkan ketika kalibrasi H2S dilakukan salah satunya sebagai pertimbangan keselamatan dan kesehatan kerja. Sebagai gas yang termasuk golongan berbahaya, kalibrasi H2S Analyzer patut dilakukan.

Seperti pada prosedur kalibrasi yang umum dilakukan lainnya, prosedur kalibrasi H2S berguna untuk memastikan kualitas proses dan hasil proses pengujian telah sesuai dengan standar yang berlaku. Hal ini sudah semestinya dilakukan guna menjaga alat ukur sebagaimana fungsinya. Selain itu juga prosedur analyzer H2S membantu memastikan kelayakan kandungan H2S dari emisi gas buangan industri.

Cara Kalibrasi H2S Analyzer

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa proses kalibrasi bukanlah prosedur yang mudah dilakukan dan sembarangan dalam pelaksanaannya. Melainkan dibutuhkan keahlian dan ketelitian dalam penyelenggaraan prosedur kalibrasi. 

Oleh karenanya terdapat beberapa tahapan atau cara-cara dalam pelaksanaan prosedur kalibrasi H2S Analyzer yang wajib diketahui oleh pelaksana kalibrasi cara-cara tersebut diantaranya sebagai berikut: 

  1. Proses Persiapan Alat dan Bahan
    Semua prosedur yang membutuhkan ketelitian pastilah membutuhkan tahapan persiapan. Persiapan dilakukan untuk memastikan bahwa alat ukur yang dikalibrasi dalam keadaan bersih dan siap digunakan. Penting sekali untuk memastikan bahan acuan alat standar yang digunakan sama dengan alat yang akan dikalibrasi karena hal ini juga akan mempengaruhi metode yang digunakan. 
  2. Pelaksana Kalibrasi H2S Analyzer
    Selain persiapan alat dan bahan sebelum melakukan pengujian, mempersiapkan pihak pelaksana kalibrasi juga sama pentingnya. Seorang pelaksana kalibrasi wajib hukumnya memiliki latar belakang pendidikan dibidang kalibrasi atau minimal telah menyelesaikan kursus khusus kalibrasi. Hal ini karena seorang pelaksana kalibrasi harus memiliki ketelitian tinggi menghindari kesalahan dalam pengambilan data ukur kalibrasi H2S Analyzer.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi H2S Analyzer
    Selanjutnya setelah persiapan alat dan bahan acuan, serta pelaksana kalibrasi tentunya tidak sampai disitu saja kondisi lingkungan kalibrasi yang sudah sesuai dengan metode kalibrasi H2S analyzer. juga turut penting dalam menentukan hasil pengujian. Hal ini karena seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa kebersihan dan keadaan lingkungan sekitar dapat mempengaruhi  hasil pengujian kalibrasi. Kondisi lingkungan yang tidak mendukung prosedur kalibrasi akan berpengaruh pada hasil kalibrasi H2S analyzer yang mana berkaitan dengan senyawa gas yang akan dianalisis. 
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur H2S Analyzer
    Jika membahas mengenai tentang pengujian pastinya akan berkaitan dengan metode yang diterapkan. Metode yang digunakan dalam kalibrasi H2S analyzer adalah IK.TUT-01. Dengan rentang ukur H2S Analyzer yang digunakan adalah sebagai berikut: 10ppm, 50ppm, 100ppm
  5. Pelaksanaan kalibrasi H2S Analyzer
    Setelah melalui langkah-langkah diatas sebagai bagian dari persiapan dalam pelaksanaan kalibrasi. Langkah selanjutnya adalah tahapan pelaksanaan, pelaksanaan kalibasi H2S Analyzer dimulai dengan pengambilan sampel dan data analisis untuk nantinya diuji sebagaimana standar yang berlaku. Seperti yang telah dijelaskan sebelum-sebelumnya bahwa prosedur kalibrasi menjadi prosedur yang melibatkan ketelitian terutama ada pada tahapan pelaksanaan. Jika ada tahap ini sudah terjadi kesalah maka tahapan penghitungan pun turut bermasalah. 
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Tahap selanjutnya adalah perhitungan dari data-data yang telah dikumpulkan pada tahap sebelumnya. Perlu diingat bahwa pengambilan data analisis tidak boleh ada kesalahan karena akan berakibat fatal  pada tahap perhitungan ini. Oleh karenanya tahapan ini menjadi sangat penting dilakukan untuk menghasilkan data analisis yang benar-benar akurat. 
  7. Pembuatan laporan
    Seperti pada prosedur kalibrasi lainnya setelah tahapan diatas telah dilakukan yang terakhir pastinya membuat laporan dari hasil prosedur kalibrasi H2S Analyzer. Secara sederhana terdapat 4 tahap dalam menyusun laporan kalibrasi, yaitu pembuatan konsep,pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan. Jika pembuatan laporan tersebut telah sesuai dengan format penulisan, kepala lembaga atau laboratorium akan mengesahkan laporan tersebut untuk digunakan sebagai dokumen kalibrasi. laporan ini pun nantinya menjadi dasar dalam pembuatan sertifikat kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi H2S Analyzer

Parameter dan hasil kalibrasi H2S Analyzer merupakan sebuah output  yang didapatkan setelah dilakukan kalibrasi H2S Analyzer.  Parameter kalibrasi dapat diketahui dari perhitungan yang telah dijelaskan diatas. Hasil nilai yang diukur dari kalibrasi H2S analyzer akan menunjukkan seberapa besar nilai penyimpangan dari pengujian tersebut. 

Apabila nilai hasil perhitungan telah menunjukkan standar yang diperboleh maka H2S analyzer dinyatakan keamanan dan kelayakannya. Namun jika sebaliknya pelaksana kalibrasi akan mengambil tindakan untuk dicarikan solusi terbaiknya.

Kesimpulan 

Demikianlah pembahasan mengenai Kalibrasi H2S Analyzer bahwasannya pada dasarnya prosedur kalibrasi yang dilakukan pada semua alat ukur sangat berguna untuk kemajuan perusahaan Anda. kelayakan dan keselamatan pada alat ukur yang Anda gunakan dalam proses produksi sangat mempengaruhi citra perusahaan Anda di mata masyarakat. 

Oleh karenanya lakukanlah prosedur kalibrasi secara berkala. Masih bingung memilih jasa kalibrasi H2S analyzer? yuk temukan lebih lengkap jasa kalibrasi di Kalibrasi.com, disini Anda dapat dengan mudah menemukan beragam jasa kalibrasi yang telah terakreditasi dan terpercaya

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi H2S Analyzer