Langkah Penting dalam Proses Kalibrasi Gauge Block

kalibrasi gauge block

Gauge block adalah satu set blok ground presisi dan tersusun dengan panjang berbeda yang dapat ditumpuk untuk membentuk panjang presisi untuk pengukuran linier yang sangat akurat.

Mereka ditemukan oleh Carl Johansson, seorang inspektur senjata Swedia, yang membutuhkan cara yang lebih baik untuk mengukur bagian-bagian senapan. 

Walaupun bisa dibilang sistem pengukuran ini ditemukan lebih dari seabad yang lalu, gauge block masih menjadi standar utama untuk ketertelusuran manufaktur di seluruh dunia.

sebagai instrumen dalam pengkalibrasian dalam ruang lingkup panjang, ternyata gauge block ini juga butuh adanya kalibrasi. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk kalibrasi gauge block.

Tujuan Kalibrasi Gauge Block

Kita perlu tahu jika gauge block biasa digunakan untuk mengatur berbagai alat ukur termasuk seperti alat ukur yang erat kaitannya dengan panjang. Gauge block mengatur sudut yang tepat untuk blok sinus dan digunakan untuk mengatur pengukur jepret. Alat ini dapat ditumpuk dan dirakit menjadi pengukur ketinggian presisi untuk tata letak. Mereka juga dapat digunakan sebagai sistem pengukuran tambahan untuk mesin dan perkakas.

Tujuan dari adanya kalibrasi untuk gauge block tentu saja adalah untuk memastikan panjang dari setiap block ini sudah presisi.

Manfaat Kalibrasi Gauge Block

Gauge block biasanya diadakan kalibrasi dengan dua metode, yaitu kalibrasi interferometrik dan kalibrasi dengan perbandingan mekanisme gauge block referensi. Sementara metode interferometri mewakili tingkat primer, perbandingan lebih cocok untuk mengkalibrasi blok pengukur industri karena biaya yang lebih rendah dan waktu kalibrasi yang lebih singkat.

Pilih mana yang lebih singkat dan juga lebih presisi? Intinya dalam pelaksanaan kalibrasi gauge block Anda jangan melakukannya sendiri, tapi Anda harus membawanya ke jasa kalibrasi yang terpercaya dan terakreditasi karena mereka lah yang paham tentang standar nasional dan internasionalnya.

Cara Kalibrasi Gauge Block

Sebenarnya gauge block ini adalah alat pengujian. Seperti kebanyakan peralatan pengujian, pengukuran, dan inspeksi, gauge block memerlukan kalibrasi rutin untuk menjaga akurasi. Goresan, luka gores, dan kerusakan lain yang disebabkan oleh keausan dan korosi dapat mempengaruhi keakuratan balok secara negatif. Melakukan kalibrasi gauge block adalah cara terbaik untuk memverifikasi akurasi.

Sebagai informasi, melakukan kalibrasi untuk gauge block membutuhkan beberapa cara dan tahapan yang runtut. Berikut ini adalah caranya:

  1. Melakukan Persiapan
    Langkah pertama dalam melakukan kalibrasi gauge block adalah dengan melakukan persiapan. Persiapkan kotak yang berisikan gauge block dan juga peralatan untuk melakukan kalibrasi.
  2. Memeriksa Kondisi Lingkungan Untuk Kalibrasi
    Setelah itu adalah memeriksa. Pemeriksaan kondisi lingkungan untuk kalibrasi adalah dengan memeriksa lingkungan sekitar seperti kelembapan dan suhu yang bisa sekali mempengaruhi hasil kalibrasi.
  3. Menyiapkan metode kalibrasi dan rentang ukur
    Dalam kalibrasi terdapat metode dan juga rentang ukur. Untuk kalibrasi gauge block, metode kalibrasi yang digunakan adalah JIS B 7506:2004 dengan rentang ukur 0mm ~ 25mm.
  4. Melakukan Proses Kalibrasi
    Metode sudah didapatkan, rentang ukur sudah ditentukan, sekarang adalah saatnya untuk melakukan proses kalibrasi gauge block.
  5. Menghitung Hasil Kalibrasi
    Kalibrasi gauge block nantinya akan dihitung berdasarkan metode dan juga rentang ukur yang sudah ada untu menentukan adanya deviasi atau penyimpangan pengukuran.
  6. Evaluasi dan Pembuatan Laporan
    Penghitungan selesai, langkah terakhir adalah melakukan evaluasi dan pembuatan laporan yang sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2017.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Gauge Block

Dengan adanya metode dan rentang pengukuran yang sudah dilakukan saat proses kalibrasi, ditemukan hasil yang menjadi parameter apakah gauge block tersebut masih layak untuk dipakai atau tidak. Karena ini termasuk kalibrator, jadi presisi adalah kuncinya dan jika tidak presisi maka tidak bisa digunakan lagi.

Kesimpulan

Gauge block yang menjadi instrumen untuk melakukan kalibrasi panjang ternyata juga harus dilakukan kalibrasi juga. Apakah Anda juga memiliki gauge block ini dan mencari jasa kalibrasi gauge block yang terpercaya? Anda bisa mempercayakannya pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi gauge block