Pentingnya Kalibrasi Distance Meter, Wajib Tahu!

kalibrasi Distance Meter

Semakin ke sini alat ukur bisa dikatakan semakin modern, dan salah satunya adalah alat ukur. Alat ukur meteran yang biasanya dengan bentuk roll, sekarang ada yang dalam bentuk laser.

Dan itulah yang disebut dengan distance meter. Distance meter yang digunakan di sektor industri dan khususnya dengan profesi yang berkaitan dengan konstruksi, seperti pertukangan, tukang batu, tukang kunci, dll., 

Tugas ini diselesaikan dengan menggunakan laser. Pengukur jarak ini sering digunakan di sektor industri dan khususnya dengan profesi yang berkaitan dengan konstruksi, seperti pertukangan, tukang batu, atau tukang kunci.

Pengukur jarak ini menarik karena kemudahan penggunaannya dan tingkat akurasinya yang tinggi dalam hasil yang direkam. Mereka datang dengan lensa Leica, pemimpin dunia dalam memproduksi pengukur jarak optik.

Akan tetapi, pastinya ada yang namanya penurunan akurasi. Damn penurunan akurasi inilah yang harus dilakukan kalibrasi.

Tujuan Kalibrasi Distance Meter

Kalibrasi merupakan salah satu cara yang paling tepat untuk mengetahui kualitas dari sebuah alat ukur. Mengetahui kualitas ini juga bisa dikatakan sebagai penggunaan untuk bisa mengukur apakah alat ukur ini bisa mendapatkan akurasi yang jelas atau tidak. Distance meter pun juga demikian. Semakin lama digunakan, pasti akan semakin tidak presisi.

Dengan adanya kalibrasi distance meter, tujuan dari adanya kegiatan ini adalah demi kesuksesan dalam pekerjaan. Pengukuran yang tidak presisi akan membuat sektor industri bisa merugi karena adanya salah perhitungan.

Manfaat Kalibrasi Distance Meter

Dengan adanya kalibrasi distance meter, maka kejadian dimana akan adanya salah pengukuran panjang akan dapat diminimalisir atau bahkan ditiadakan. Alat elektronik seperti distance meter memang sangat biasa sekali jika Anda menggunakan terus menerus akan ada yang namanya deviasi atau penyimpangan hasil.

Distance meter yang dikalibrasikan secara berkala atau secara rutin, akan membuatnya tetap terjaga kualitasnya dan juga tetap terpercaya hasil dari perhitungannya.

Cara Kalibrasi Distance Meter

Untuk mendapatkan hasil dari kalibrasi distance meter, ternyata memerlukan cara atau tahapan yang lumayan panjang. Kegiatan ini dilakukan oleh jasa kalibrasi distance meter yang sudah terakreditas.

Berikut ini adalah lembar kerja dari kalibrasi distance meter:

  1. Persiapan Alat
    Langkah pertama tentunya adalah mempersiapkan alatnya yaitu distance meter dan juga kalibrator yang digunakan untuk mengkalibrasi distance meter.
  2. Pelaksana Kalibrasi
    Selanjutnya harus ada pelaksana kalibrasi. Pelaksana kalibrasi harus adalah orang yang memiliki sertifikat untuk bisa melakukan kalibrasi alat ukur.
  3. Metode kalibrasi dan rentang ukur Distance Meter
    Setiap alat ukur memiliki metode yang berbeda-beda untuk kalibrasi. Dalam distance meter, metode yang digunakan adalah ISO 17123-4:2012 dan dengan rentang ukur
    0m ~ 25m
    25m ~ 50m
    50m ~ 75m
    75m ~ 100m
    0m ~ 10m
    10m ~ 30m
    30m ~ 50m
    50m ~ 100m
  4. Pelaksanaan kalibrasi Distance Meter
    Setelah diketahui metode dan juga rentang ukurnya, sudah pasti selanjutnya adalah dengan melakukan proses kalibrasi.
  5. Perhitungan hasil kalibrasi
    Selama proses ini, pelaksana harus melakukan perhitungan kalibrasi yang dilakukan sesuai dengan rentang ukur yang ada.
  6. Pembuatan laporan
    Dan terakhir adalah membuat laporan. Laporan dari kegiatan distance meter ini berupa sertifikat kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Distance Meter

Hasil kalibrasi dari distance meter adalah berbicara tentang presisi. Karena ini adalah alat ukur elektronik, jadi penggunaan dengan rentang ukur tersebut harus sesuai dengan rentang ukur dari proses kalibrasi tersebut.

Jika memang sudah presisi, hasil dari kalibrasi akan dapat dipercaya dan juga distance meter bisa digunakan lagi yang menjamin akan presisi dalam perhitungan panjang dengan metode menggunakan laser.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang distance meter yang perlu dilakukan kalibrasi. Jika Anda mencari jasa kalibrasi distance meter yang terpercaya dan juga terbaik, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Distance Meter