Perhatikan Hal Ini Sebelum Melakukan Kalibrasi Dial Calibration Tester

kalibrasi Dial Calibration Tester

Melakukan Kalibrasi Dial Calibration Tester memang hal yang sangat penting. Mengingat instrumen Calibration Tester ini adalah alat yang memang digunakan untuk mengkalibrasi instrumen dial gauge.

Alat ini digunakan untuk membandingkan penunjukan dial gauge dengan standar ukur dari Kalibrasi Dial Calibration Tester yang dikenal sebagai dial gauge tester yang akan menunjukan dimana letak kesalahannya.

Bagaimana sih cara kalibrasi Kalibrasi Dial Calibration Tester? Dan apa saja yang perlu dipersiapkan? Mari kita bahas satu persatu dibawah ini.

Tujuan Kalibrasi Dial Calibration Tester

Mengkalibrasi Dial Calibration Tester memiliki tujuan untuk :

  • Menemukan adanya nilai pengukuran dalam pengukuran Dial Calibration Tester ini.
  • Melakukan perbandingan antara nilai hasil pengukuran Dial Calibration Tester dengan nilai benar yang sudah sesuai dengan standar.
  • Memastikan bahwa Dial Calibration Tester sudah memiliki nilai yang sama dengan nilai standar internasional.

Manfaat Kalibrasi Dial Calibration Tester

Adapun manfaat Dial Calibration Tester seperti:

  • Untuk menjaga agar fungsi Dial Calibration Tester tetap dalam keadaan normal yang sesuai dengan spesifikasinya.
  • Dapat mendukung sistem mutu yang diterapkan pada industri yang menggunakan Dial Calibration Tester sebagai instrumen ukurnya.
  • Bisa meningkatkan reputasi perusahaan yang menggunakan Dial Calibration Tester yang terkalibrasi.

Cara Kalibrasi Dial Calibration Tester

Untuk melakukan proses kalibrasi Dial Calibration Tester ini sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh standar yang berlaku:

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Langkah kalibrasi Dial Calibrator awal adalah mempersiapkan Dial Calibrator dalam keadaan normal dan bisa digunakan, mempersiapkan alat yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Kalibrasi merupakan proses yang memerlukan kompetensi serta harus dilakukan oleh orang yang berkompeten. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya kesalahan pengukuran kalibrasi.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Melakukan pengecekan terhadap ruangan kalibrasi yang mana harus disesuai dengan jenis instrumen yang akan dikalirbasi. Hal ini dibutuhkan agar tidak mengakibatkan kesalahan terhadap pengukuran. Salah satunya kelembaban dan suhu yang setelah selesai melakukan kalibrasi.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Penggunaan metode kalibrasi haruslah menggunakan standar internasional diantaranya: Metode Kalibrasi: IK-KM-DM10 dengan Rentang Ukur: 0mm ~ 5mm
  5. Pelaksanaan kalibrasi Sumber Frekuensi
    Pelaksanaan kalibrasi melakukan pengukran kesalahan penunjujkan dan retrace error. Langkah ini dilakukan dengan cara menyeting gauge menunjuk ke angka nol dan mencatat kembali suhu dan kelembaban ruangan setelah melakukan kalibrasi. 
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Menghitung kesalahan penunjukan alat dari nlai rata-rata penunjukan, dikurangi dengan penunjukan standar acuan baik untuk arah naik ataupun turun. Pastikan bahwa nilai penunjukan standar ini sudah dikoreksi dan berdasarkan sertifikat kalibrasi terakhirnya. Lalu menghitung ketidakpastian pengukuran.
  7. Pembuatan laporan
    Hasil dari pengukuran kesalahan penunjukan akan ditampilkan sebagai nilai kesalahan pengukuran atau sebagai nilai koreksi penunjukan dengan tanda yang berlawanan dengan nilai kesalahan penunjukan nilai ketidakpastian pengukurannya. Dan juga dilaporkan nilai retrace errornya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Dial Calibration Tester

Hasil kalibrasi Dial Calibration Tester adalah untuk mengeluarkan sertifikat tentang alat tersebut sudah dikalibrasi sesuai dengan metode yang digunakan. Sertifikat ini juga menunjukan bahwa Dial Calibration Tester sudah layak digunakan dan sesuai dengan nilai ketertelurusannya.

Kesimpulan

Demikian bahasan kita kali ini tentang bagaimana cara melakukan kalibrasi Dial Calibration Tester yang cukup sulit. Namun Anda jangan khawatir karena ada penyedia jasa layanan kalibrasi Dial Calibration Tester yang terpercaya yakni Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Dial Calibration Tester