Langkah Penting Kalibrasi Depth Micrometer yang Perlu Diperhatikan

kalibrasi Depth Micrometer

Dalam kegiatan produksi atau mungkin saja dalam kerajinan kayu, mungkin yang akan ada sangat banyak sekali peralatan ukur mulai dari pengukuran panjang, lebar, tinggi, suhu, suara, dan masih banyak lagi.

Ada salah satu alat yang seringkali digunakan adalah depth micrometer. Depth micrometer adalah sebuah alat ukur presisi, yang digunakan oleh para insinyur atau para pengrajin untuk mengukur kedalaman namun dengan satuan mikro.

Kalibrasi yang tepat dari titik nol awal atau titik referensi mikrometer kedalaman sangat penting untuk penggunaan alat ini. Seseorang hanya menggunakan mikrometer kedalaman ketika diperlukan pengukuran yang akurat dari satu bidang ke bidang lainnya, dan memiliki titik nol yang tidak sejajar berarti hasil yang diberikan alat tersebut pada dasarnya rusak. Nah, bagaimana untuk melakukan kalibrasi untuk depth micrometer ini? Mari kita simak!

Tujuan Kalibrasi Depth Micrometer

Alat ukur yang satu ini mungkin akan sangat sulit untuk dilakukan kalibrasi. Wajar saja karena pengukurannya bisa sampai di tahap micro. Maka dari itu kebanyakan depth micrometer ini dikirimkan dengan satu set batang yang dikalibrasi ke alat di pabrik, sehingga penyesuaian minimal diperlukan saat mengganti batangnya.

Tujuan dari kalibrasi depth micrometer tentu saja adalah karena penggunaannya yang sangat penting dalam pekerjaan proyek. Biasanya memang penggunaan ini dilakukan terus menerus karena digunakan untuk membuat sebuah produk di pabrik. Maka dari itu, tidak heran kalau tujuannya adalah untuk penggunaan yang lebih presisi.

Manfaat Kalibrasi Depth Micrometer

Depth micrometer jika dikalibrasikan akan membuat pemanfaatan menjadi lebih bagus. Bayangkan saja ketika Anda ingin memasangkan paku dan Anda ingin mendapatkan kedalaman yang pas, maka Anda menggunakan alat depth micrometer ini. Ketika Anda tidak mendapatkan kedalaman yang pas, maka pakunya bisa malah menonjol ke permukaan.

Untuk itulah biasanya penggunaan depth micrometer yang tepat penghitungannya cenderung mengarah ke kualitas produksi barang yang menggunakan depth meter ini.

Cara Kalibrasi Depth Micrometer

Apakah Anda tertarik untuk melakukan kalibrasi depth micrometer? Tentu saja Anda tidak bisa melakukannya sendiri dan memang harus mengirimkannya ke laboratorium kalibrasi yang bisa untuk menangani masalah tersebut. Sebagai gambaran, laboratorium kalibrasi depth micrometer akan melaksanakan kegiatan sebagai berikut: 

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Langkah yang pertama adalah dengan mempersiapkan alat kalibrasi yang akan digunakan untuk kalibrasi
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Setelah itu pelaksana kalibrasi depth micrometer harus ada dan mereka ini adalah orang yang memiliki sertifikat kalibrasi.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Memperhatikan lingkungan untuk kalibrasi memang sangat penting, karena ada beberapa faktor lingkungan yang bisa mempengaruhi hasil kalibrasi.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Metode kalibrasi JIS B 7544:1994, JIS B 7518:2018 adalah yang digunakan untuk kalibrasi depth micrometer.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Sumber Frekuensi
    Pelaksanaan kalibrasi akan dilakukan sesuai dengan sumber frekuensi yang ada.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Setelahnya, pengamatan akan dilakukan. Jika memang ada yang salah, penghitungan ini akan dilaksanakan.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan adalah yang terakhir. Laporan hasil kalibrasi depth micrometer ini akan bisa dipercaya karena pelaksana kalibrasi adalah orang yang memiliki sertifikat dan hasilnya bisa dipercaya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Depth Micrometer

Hasil kalibrasi depth micrometer dilakukan dengan metode yang sudah jelas dan juga dilakukan dengan rentang ukur yang sudah sesuai dengan standarnya.

Depth micrometer bisa dilakukan dengan hasil kalibrasi dengan berbagai parameter depth micrometer, yaitu:

  • 0mm ~ 25mm
  • 25mm ~ 50mm
  • 50mm ~ 75mm
  • 75mm ~ 100mm
  • 100mm ~ 1000mm

Kesimpulan

Bagaimana? Penghitungannya memang sangat sulit bukan? Maka dari itu jika Anda merasa depth micrometer Anda tidak presisi hasilnya, Anda bisa mempercayakannya saja kepada jasa kalibrasi depth micrometer yang terakreditasi dan juga berkualitas yaitu Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Depth Micrometer