Pahami Langkah Penting Pelaksanaan Kalibrasi Cylinder Gauge

Kalibrasi Cylinder Gauge

Cylinder Gauge adalah alat ukur mekanik yang digunakan untuk mengukur diameter dan juga mengetahui adanya keausan yang ada dalam sebuah benda kerja. Fungsi Cylinder Gauge di bidang otomotif  biasanya digunakan untuk mengukur diameter bagian dalam dari silinder mesin.

Dalam prakteknya Cylinder Gauge ini juga bisa mengalami keausan dalam melakukan pengukuran maka dari itu dibutuhkannya proses kalibrasi. Artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara kalibrasi Cylinder Gauge yang benar dan sesuai standar.

Tujuan Kalibrasi Cylinder Gauge

Kalibrasi Cylinder Gauge memiliki tujuan antara lain :

  • Menemukan adanya nilai pengukuran dalam pengukuran Cylinder Gauge.
  • Melakukan perbandingan antara nilai hasil pengukuran dengan nilai ketertelusuran yang lebih tinggi.
  • Untuk memastikan bahwa hasil dari Cylinder Gauge yang tepat sesuai dengan standar internasional.

Manfaat Kalibrasi Cylinder Gauge

Mengkalibrasi Cylinder Gauge ini memiliki manfaat diantaranya:

  • Menjaga agar kondisi Cylinder Gauge dalam keadaan normal dan sesuai spesifikasinya.
  • Dapat mendukung sistem mutu yang diterapkan dalam industri yang menggunakan Cylinder Gauge ini sebagai alat ukur utamanya.
  • Meningkatkan reputasi perusahaan menggunakan alat yang terkalibrasi berstandar.

Cara Kalibrasi Cylinder Gauge

Dalam melakukan proses kalibrasi Cylinder Gauge haruslah sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh standar ISO diantaranya:

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Proses kalibrasi Cylinder Gauge awal adalah mempersiapkan Cylinder Gauge dalam keadaan normal dan bisa digunakan, mempersiapkan alat yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Melakukan kalibrasi harus dilakukan atau minimal didampingi oleh orang yang ahli dibidangnya terutama di bidang kalibrasi alat laboratorium. Hal ini dikarenakan agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pengukuran kalibrasi Cylinder Gauge.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Di Dalam ruangan kalibrasi haruslah disesuaikan kondisinya agar tidak mempengaruhi hasil pengkalibrasian Cylinder Gauge.  Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan kesalahan kalibrasi adalah suhu, kelembaban, dan lain sebagainya.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Dalam pemilihan metode kalibrasi haruslah sesuai dengan standar internasional yakni Metode Kalibrasi: JIS B 7515:1982 Rentang Ukur: 0mm ~ 1mm
  5. Pelaksanaan kalibrasi Sumber Frekuensi
    Pelaksanaan kalibrasi Cylinder Gauge adalah pengamatan awal pada bentuk fisik serta fungsi dari Cylinder Gauge yang masih normal atau tidak, apabila masih normal maka pengukuran sudah sesuai dengan kapasitasnya. Jika hasil pengukuran menunjukan angka yang wajar maka akan dicatat dan dilakukan pengambilan data.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Perhitungan kalibrasi haruslah melihat kondisi dari Cylinder Gauge yang mana harus sesuai dengan spesifikasinya untuk mencari nilai dari perhitungan nilai penyimpangan, nilai ketidakpastian, nilai maksimum-minimum, konversi satuan dan lainnya.
  7. Pembuatan laporan
    Proses kalibrasi yang terakhir adalah pelaporan yang berisikan tentang berbagai informasi nilai ketidakpastian yang menentukan bahwa hasil Cylinder Gauge berhasil dan layak digunakan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Cylinder Gauge

Parameter dan hasil kalibrasi Cylinder Gauge berdasarkan dari hasil kalibrasi tadi adalah mendapatkan sertifikat yang menunjukan bahwa Cylinder Gauge. Adapun Cylinder Gauge ini menentukan nilai Cylinder Gauge yang sesuai dengan standar ISO.

Kesimpulan

Dari artikel diatas kita dapat menyimpulkan bahwa melakukan kalibrasi Cylinder Gauge adalah suatu proses yang harus dilakukan sesuai dengan standar internasional dan juga dilakukan oleh orang yang berkompeten. Atau Anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi Cylinder Gauge di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi Cylinder Gauge