Simak dan Pahami Cara Kalibrasi Bevel Protractor yang Tepat

kalibrasi Bevel Protractor

Apakah Anda pernah mendengar tentang bevel protractor? Mungkin memang sangat jarang sekali ditemukan karena alat ini akan sangat familiar bagi para insinyur dan juga kontraktor.

Bevel protractor adalah perangkat pengukuran sudut inovatif yang menyediakan pembacaan digital semua sudut dalam rentang 360° penuh. Busur derajat berisi sensor sudut berisi cairan canggih yang mengubah sifat kelistrikannya saat sudut busur derajat diubah. Variasi sinyal listrik diukur dengan mikroprosesor presisi untuk memberikan pengukuran sudut yang sangat akurat.

Lalu apa jadinya jika sinyal listrik ini pengukurannya Anda merasa tidak akurat? Tentu saja hal ini akan sangat merugikan bukan? maka dari itu, kalibrasi bevel protractor adalah cara yang tepat untuk menanganinya. Bagaimana caranya?

Tujuan Kalibrasi Bevel Protractor

Kisaran skala penuh dari sebuah bevel protractor dibagi menjadi empat kuadran yang memberikan pembacaan 0,0 hingga 90,0° di setiap kuadran. Setiap bevel protractor memiliki akurasi ± 0,1° pada 0° dan 90° dan akurasi ± 0,2° untuk semua sudut di antaranya. Terkadang yang menjadi permasalahan adalah akurasi dari penghitungan sudutnya tersebut.

Ini akan sangat sangat fatal karena biasanya alat ini digunakan untuk kebutuhan perancangan dari sebuah konstruksi. Jika pengukuran sudut yang meleset sedikit saja akan membuat berbagai pekerjaan yang lainnya untuk kedepannya menjadi sangat berbahaya bukan?

Manfaat Kalibrasi Bevel Protractor

Manfaat dari bevel protractor bisa dibilang lebih mengarah ke dalam skema industri arsitektur. Penggunaan dari alat ini memang terkadang Anda tidak menyadarinya bagi masyarakat umum, akan tetapi bagi para insinyur dan pekerja konstruksi akan sangat paham betapa pentingnya alat ini.

Dengan demikian, manfaat yang bisa didapatkan dari bevel protractor yang dikalibrasi adalah demi keselamatan kerja dan juga demi pekerjaan yang berkualitas.

Cara Kalibrasi Bevel Protractor

Bagaimana cara untuk melaksanakan kalibrasi dari bevel protractor ini? Coba pahami dengan betul beberapa langkah berikut ini yang sudah menjadi prosedur untuk kalibrasi bevel protractor.

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Yang pertama adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang nantinya akan digunakan untuk kalibrasi bevel protractor.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Pelaksana kalibrasi harus ada dan mereka ini adalah orang yang sudah tersertifikasi.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Pengkondisian lingkungan untuk kalibrasi adalah hal yang penting untuk mencegah hasil dari kalibrasi yang tidak sesuai.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Selanjutnya adalah dengan memilih metodenya. Untuk bevel protractor menggunakan metode BS 1685:2008 yang sudah diakui secara internasional.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Sumber Frekuensi
    Selanjutnya adalah pelaksanaan dari kalibrasi ini. Kalibrasi bevel protractor dilakukan dengan menempatkan unit pada permukaan datar apa pun untuk pembacaan 0° dan permukaan vertikal apa pun untuk pembacaan 90° guna menyesuaikan kembali pembacaan ke nilai tersebut.  Busur derajat akan diputar dan dibalik selama prosedur untuk mengatur nilai keempat kuadran.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Setelah semua itu dihitung sesuai dengan rentang ukur yang berlaku, maka akan didapatkan hasil apakah ada deviasi atau tidak. 
  7. Pembuatan laporan
    Dan yang terakhir adalah pembuatan laporan. Laporan ini dapat dipercaya selama Anda membawanya ke laboratorium kalibrasi yang terakreditasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Bevel Protractor

Kalibrasi bevel protractor dilakukan dengan membandingkan bacaan busur derajat pada 0°, 90° dan 45° minimal. Sudut tertentu lainnya juga dapat diperiksa dengan menggunakan prosedur di bawah ini.

Sudut 0° biasanya diperiksa pada Pelat Permukaan yang diratakan. Level Pelat Permukaan diperiksa dengan Level Gelembung Presisi dengan akurasi kurang dari 0,025° (90 detik busur).

Busur derajat perlu diputar dan dibalik sehingga keempat kuadran diperiksa untuk semua bacaan. Tampilan harus dibiarkan stabil selama 10 detik sebelum pembacaan dilakukan. Rentang ukurnya adalah 10° ~ 60°.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah paham belum cara kalibrasi bevel protractor? Jika Anda memiliki alat ukur tersebut dan Anda tidak yakin dengan penghitungan dari hasilnya karena Anda sudah menggunakannya lama sekali, maka Anda membutuhkan jasa kalibrasi bevel protractor di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Bevel Protractor