Keuntungan Menggunakan Jasa BPOM dari Biaya hingga Penyedia Jasanya

jasa BPOM

BPOM, atau Badan Pengawas Obat dan Makanan, adalah lembaga pemerintah di Indonesia yang bertugas mengawasi dan mengatur produk obat, makanan, dan kosmetik. BPOM memainkan peran krusial dalam memastikan keamanan, mutu, dan efektivitas produk-produk ini untuk melindungi kesehatan masyarakat. Selain itu, BPOM juga mengawasi iklan dan label produk serta memberikan izin edar bagi produk yang memenuhi standar keselamatan dan kualitas yang telah ditentukan. Jasa BPOM adalah menggunakan layanan pihak ketiga untuk mendaftarkan produk Anda supaya mendapatkan izin edar dari BPOM.

Memanfaatkan jasa BPOM adalah hal yang sangat tepat karena dengan Anda mengandalkannya, maka Anda bisa mendapatkan sertifikasi untuk produk Anda dari BPOM yang cepat, hemat, dan pastinya dijamin selesai sesuai dengan kesepakatan waktu yang sudah Anda dan juga biro jasa BPOM yang bersangkutan.

Jika Anda masih bingung tentang jasa pembuatan BPOM ini, mari bahas di sini dari segi keuntungan mengapa Anda harus menggunakannya.

Keuntungan Menggunakan Biro Jasa BPOM

Tidak akan ada salahnya jika Anda menggunakan biro jasa BPOM. Karena, memang pada dasarnya kepengurusan BPOM itu terkadang susah dan juga membingungkan entah itu dari tahapannya dan juga dokumen apa yang perlu Anda persiapkan.

Dengan Anda menggunakan jasa daftar BPOM, dapat melaksanakan berbagai hal seperti jasa BPOM kosmetik, jasa konsultan BPOM, dan masih banyak lagi yang bisa Anda dapatkan pelayanannya. Adapun beberapa keuntungan menggunakan biro jasa BPOM seperti:

Akselerasi Proses Perizinan

Pengurusan izin edar produk sering memakan waktu yang cukup lama, terutama bagi perusahaan tanpa pengalaman dalam mengurus izin BPOM. Namun, dengan bantuan jasa pengurusan BPOM, proses ini dapat dipercepat. Tim ahli yang berpengalaman dalam mengurus izin BPOM akan membantu mempercepat proses perizinan produk.

Jaminan Keamanan Produk

Selain mempercepat pengurusan izin edar, layanan jasa BPOM juga memberikan jaminan keamanan produk yang dipasarkan. BPOM memiliki standar mutu dan keamanan yang ketat, sehingga produk makanan, obat-obatan, dan kosmetik harus memenuhi standar tersebut untuk mendapatkan izin edar. Dengan menggunakan jasa pengurusan BPOM, perusahaan dapat memastikan bahwa produk mereka telah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

Pencegahan Sanksi dan Denda

Biro jasa pengurusan BPOM membantu perusahaan menghindari sanksi dan denda yang mungkin diberikan oleh BPOM akibat pelanggaran hukum. Dengan menghindari sanksi dan denda, perusahaan dapat menghemat biaya dan menjaga citra perusahaan dari dampak negatif.

Peningkatan Kepercayaan Konsumen

Pemberian izin edar BPOM dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dijual oleh perusahaan. Konsumen cenderung mempertimbangkan kualitas dan keamanan produk sebelum membelinya. Dengan izin BPOM yang menjamin kualitas dan keamanan produk, perusahaan dapat memperoleh kepercayaan dari konsumen.

Syarat Pengurusan BPOM

Sebelum Anda membahas tentang harga dari pengurusan BPOM dari biro jasanya, Anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu, dan yang paling penting sebelum Anda mencari jasa BPOM adalah dokumen yang lengkap.

Syarat pengurusan BPOM agar dapat cepat diproses adalah Anda mempersiapkan beberapa dokumen berikut:

  1. Identifikasi Direktur (E-KTP, NPWP, Nomor HP, alamat email)
  2. Identifikasi Penanggung Jawab (E-KRP, Nomor HP, alamat email)
  3. Dokumen Perusahaan Lengkap (Akta Pendirian, Surat Keputusan, NPWP)
  4. CPKB (Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik)
  5. Dokumen Pabrik Lengkap
  6. Dokumen Bahan Baku Lengkap
  7. Dokumen Produk Lengkap (jenis produk, klasifikasi produk, klaim pada label, komposisi, proses pengolahan, proses spesifik, status produk, status perusahaan, jenis pangan, kategori pangan, nama jenis, nama dagang, jenis kemasan, berat bersih)
  8. Dokumen Pendukung: 1) Dokumen Pendukung untuk produk dalam negeri: hasil analisis laboratorium (hanya untuk produk dengan risiko sedang dan tinggi), komposisi, proses produksi, penjelasan masa simpan, penjelasan masa kadaluarsa, spesifikasi bahan, desain label. Dokumen Pendukung untuk produk luar negeri: sertifikat kesehatan/sertifikat bebas jual, surat penunjukkan (LOA), sertifikat GMP/HACCP/ISO 22000, foto produk, label terjemahan (jika diperlukan)
  9. Untuk produk Dalam Negeri: NPWP, Surat Izin Usaha (IUI/IUMK/SKDU), hasil audit sarana produksi (PSB)
  10. Untuk Produksi Impor: NPWP, Izin usaha (API/SIUP/IT), hasil audit sarana distribusi (PSB), sertifikat kesehatan/sertifikat bebas jual, surat penunjukkan, sertifikat GMP/ISO 22000/HACCP

Biaya Mengurus BPOM

Jika membahas tentang berapa biaya menggunakan jasa izin BPOM bisa bervariasi, tergantung dengan kebijakan dari biro jasa BPOM yang berkaitan. 

Biasanya, biaya jasa pengurusan izin BPOM ini berkaitan dengan produk yang konsumen ingin mendapatkan sertifikat BPOM sehingga harga jasa ini relatif berbeda dari satu jenis dengan jenis lainnya.

Jadi misalkan ketika Anda ingin mendapatkan izin edar untuk produk kosmetik, maka harga yang Anda keluarkan akan berbeda dengan harga izin edar produk makanan ataupun minuman.

Penyedia Jasa BPOM Terpercaya

Tertarik mencari jasa BPOM Jakarta yang terbaik, maka jawaban yang sangat tepat adalah di Kalibrasi.com. 

Kalbrasi.com ini sudah paham berkaitan dengan standar industri dan peraturan badan pengawas. Jadi, setiap pelaksanaannya akan memberikan keuntungan bagi Anda seperti:

  • Proses sertifikasi oleh auditor berpengalaman
  • Mematuhi standar sertifikasi internasional
  • Disertifikasi oleh institusi yang diakui secara global

Selain itu, jasa BPOM Surabaya ini juga akan selalu memberikan Anda kenyamanan berupa transparansi pada setiap proses jasa urus BPOM yang Anda miliki. Pengalamanlah yang membuat Anda sudah tidak perlu lagi ragu memilih Kalibrasi.com sebagai jasa BPOM untuk produk yang Anda miliki.

Tertarik untuk mendapatkan jasa BPOM dari Kalibrasi.com? Anda bisa mendapatkannya dengan mengisi form penawaran yang ada di bawah ini!

Kesimpulan

Dalam sektor industri obat, makanan, dan kosmetika, mendapatkan izin edar BPOM merupakan langkah krusial yang tidak bisa diabaikan. Menggunakan jasa pendaftaran BPOM seperti dari Kalibrasi.com dapat membantu perusahaan Anda mencapai serta menjaga kepatuhan terhadap regulasi, serta menjaga kelangsungan bisnisnya.