Indoor Laser Distance Meter: Fungsi, Fitur dan Cara Penggunaannya

indoor laser distance meter

Banyak sekali kategori alat ukur yang digunakan untuk mengukur jarak dari mulai jarak yang pendek hingga jauh sekalipun dan dari penggaris sampai alat-alat berat lainnya. Di era yang sudah ada teknologi canggih sekarang ini mengukur jarak dengan menggunakan indoor laser distance meter sudah menjadi alat yang umum digunakan oleh para teknisi untuk meringan pekerjaan mereka. Distance meter lah namanya alat yang berfungsi untuk mengukur jarak tertentu menggunakan laser non kontak.

Dalam banyak pekerjaan pengukuran, distance meter telah memiliki sejumlah jenis tertentu yang fungsinya lebih spesifik serta dilengkapi dengan fitur canggih. Salah satunya Indoor Laser Distance Meter, seperti namanya alat pengukur jarak ini menggunakan teknologi laser dalam ruangan untuk melakukan pengukuran. Secara fungsi, jenis ini sama dengan distance meter lainnya namun alat ini lebih diperuntukkan bagi pengukuran jarak dalam ruangan.

Indoor Laser Distance Meter didukung teknologi ultrasonic sensor dengan built-in chip komputer. Indoor Laser Distance Meter ideal digunakan pada industri bangunan dan dekorasi misalnya agen tanah dan properti, desainer dan lainnya. Mari pelajari lebih lanjut mengenai fungsi, fitur, cara penggunaan, kelebihan dan pengaplikasian Indoor Laser Distance Meter pada penjelasan berikut ini!

Fungsi Indoor Laser Distance Meter

Telah disinggung sebelumnya mengenai Indoor Laser Distance Meter yang berdasarkan fungsi dasarnya yang lebih ideal untuk mengukur jarak pada ruangan. Dengan menggunakan laser, alat ini dapat menentukkan jarak ke suatu objek melalui sinyal elektronik dengan cepat dan efektif sehingga dapat menampilkan hasil pengukuran pada layar LCD.  

Dengan kemampuan tersebut Indoor Laser Distance Meter tentunya dapat digunakan untuk pengukuran akumulatif terus menerus, menghitung luas daerah dan volume secara otomatis.Sinar laser pada perangkat Indoor Laser Distance Meter mempermudah dalam membidik atau mengarahkan objek sehingga dapat memberikan fungsi kompensasi otomatis yang menjadikan hasil pengukuran lebih akurat pada saat yang sama dapat menunjukkan suhu lingkungan dengan sangat tepat.

Fitur Indoor Laser Distance Meter

Peralatan pengukur jarak non kontak seperti Indoor Laser Distance Meter secara umum memiliki prinsip pemancaran dan penerimaan sinyal elektromagnetik dan biasanya berbentuk gelombang laser atau gelombang ultrasonik. Itulah mengapa salah satu fitur utama Indoor Laser Distance Meter pada pengukuran dalam ruangan untuk mengukur jarak dengan cepat dan mudah. Selain fitur tersebut terdapat fitur mengesnakan lainnya yang dimiliki Indoor Laser Distance Meter diantaranya : 

  • Fitur pengukuran jarak yang lengkap
  • Memiliki jenis laser garis silang dan lurus
  • Sensor kemiringan 90° terintegrasi
  • Kisaran pengukuran dari 0,05 m hingga 70 m
  • Pengukuran jarak, luas, dan volume yang tepat dalam hitungan detik
  • Tahan debu dan percikan (IP54)
  • Mudah digunakan

Cara Menggunakan Indoor Laser Distance Meter

Salah satu hal penting yang perlu dipelajari sebelum menggunakan alat Adalah mengetahui cara menggunakannya. Untuk mengoperasikan alat dengan baik sebaiknya bacalah manual book untuk mendapatkan hasil pengukuran maksimal dan menghindari kerusakan alat akibat cara penggunaan yang tidak tepat.  Namun penggunaan secara umum yang bisa Anda praktikan melalui beberapa langkah berikut :

  1. Langkah pertama adalah pasanglah baterai sesuai dengan kebutuhan kemudian tekan tombol On Sehingga meteran elektronik siap digunakan.
  2. Menyalakan alat dengan menekan tombol ON
  3. Pastikan laser sudah menyala
  4. Kemudian tentukkan bidang sasaran tembak yang nantinya dapat menangkap sinar laser.
  5. Setting titik 0 pada alat kemudian letakkan alat pada bidang datar dan pastikan waterpass dititik tengah
  6. Mulailah melakukan pengukuran dengan memencet tombol ON
  7. Dalam beberapa detik, hasil pengukuran akan muncul dilayar alat
  8. Tekan tombol clear untuk mereset hasil pengukuran.

Kelebihan Indoor Laser Distance Meter

Dibandingkan dengan perangkat yang sejenis, Indoor Laser Distance Meter dapat diandalkan untuk pengukuran jarak non kontak didalam ruangan. Selain hal tersebut penggunaan laser distance dalam banyak bidang pekerjaan memiliki kelebihan yang diantaranya :

  • Memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi
  • Mengukur jarak dengan cepat dan efisien
  • Dapat digunakan dalam berbagai bidang kondisi lingkungan
  • Dapat menghasilkan data yang lebih akurat dan mudah diproses

Pengaplikasian Indoor Laser Distance Meter

Pengukuran jarak non kontak yang digunakan dalam ruangan sangat luas dalam berbagai bidang industri dan aplikasi. Dimana alat ini memainkan peran penting dalam memberikan pengukuran yang cepat, akurat tanpa melakukan kontak fisik dengan objek yang diukur.  Dalam pengaplikasiannya Indoor Laser Distance Meter sangat ideal untuk :

  • Dekorasi ruangan atau bangunan.
  • Memastikan ukuran nyata suatu area bagi agen .
  • Pengaturan jarak antar tanaman pada perkebunan
  • Teknologi optoelektronik canggih.
  • Mendeteksi jarak suatu benda dengan cepat.
  • Perhitungan volume suatu ruangan secara akurat dan cepat.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai Indoor Laser Distance Meter sebagai alat pengukur jarak yang menggunakan teknologi laser dalam ruangan untuk metode pengukurannya. Dilengkapi dengan fitur berteknologi canggih alat ini ideal digunakan untuk menentukkan jarak suatu objek melalui sinyal elektronik dengan cepat dan efektif. Oleh karenanya Indoor Laser Distance Meter Sangat ideal digunakan dalam ruangan yang sangat luas dalam berbagai bidang industri dan aplikasi.