4 Faktor Penentu Harga Uji Emisi dan Rekomendasi Jasa Ujinya

harga uji emisi

Uji emisi punya peran penting dalam menjaga kesehatan lingkungan. Kadar emisi pada udara maupun yang dihasilkan oleh industri atau kendaraan dapat diukur melalui uji emisi. Meski begitu, harga uji emisi masih menjadi hal yang selalu dipertimbangkan. 

Harga uji emisi yang ditawarkan sebanding dengan manfaat yang diberikan untuk perusahaan maupun lingkungan. Di artikel kali ini, akan membahas seputar harga uji emisi dari faktor penentu harganya hingga penyedia jasa uji yang kredibel. Mari bahas selengkapnya.

Faktor Penentu Harga Uji Emisi

Harga uji emisi pada umumnya sangat bervariasi dan relatif. Variasi harga disebabkan karena adanya sejumlah faktor. Sehingga antara permintaan layanan yang satu dengan lainnya tidak bisa disamakan. Nah, jika penasaran dengan faktor penentu harga uji emisi, Anda bisa simak pembahasannya berikut ini untuk memperkirakan harga layanan yang Anda ajukan.

Jenis Industri

Faktor utama yang memengaruhi besaran harga uji emisi adalah jenis industri. Semakin kompleks proses produksi yang dilakukan, emisi yang dihasilkan lebih beragam dan membuatnya sulit untuk diukur maupun diidentifikasi. Untuk bisa mengidentifikasi polutan yang kompleks, membutuhkan peralatan khusus yang berpotensi menyebabkan biaya pengujian meningkat.

Di samping itu, uji emisi harus lebih sering dilakukan oleh industri yang beresiko tinggi untuk mematuhi syarat dan standar keamanan. Intensitas pengujian membuat total biaya uji yang dibutuhkan semakin besar.

Frekuensi dan Skala Pengujian

Kebutuhan monitoring polutan setiap industri berbeda-beda, ada yang setiap satu bulan sekali atau jangka waktu tertentu. Pengujian berkala mengharuskan analisis data secara berulang dan memelihara alat secara intensif. Lalu, bila menggunakan sistem pemantauan emisi kontinu (CEMS), membutuhkan perangkat keras dan lunak dengan biaya besar di awal pemakaian.

Tak lepas juga biaya operasional berkelanjutan pada perangkat tersebut untuk mengkalibrasi, memelihara, dan menganalisis data yang tentunya membutuhkan biaya yang tidak kecil.

Lokasi dan Regulasi

Faktor penentu lain yang berpengaruh pada harga uji emisi yaitu lokasi industri. Biaya transportasi yang dibutuhkan lebih besar apabila lokasi industri jauh dari laboratorium atau fasilitas pengujian. Peningkatan biaya uji mungkin terjadi bila lokasi sulit diakses atau melalui medan yang sulit. Perlu dipertimbangkan juga resiko yang ada pada lokasi industri.

Sedangkan untuk regulasi yang akan dijadikan acuan juga menyebabkan perbedaan harga uji emisi. Sebab, regulasi internasional yang ketat seperti ISO 14001 atau ISO 17025 membutuhkan alat dan metode yang lebih canggih. Hal tersebut yang membuat biaya pengujian untuk regulasi lokal dan internasional berbeda.

Teknologi dan Konsultasi

Penggunaan teknologi pada fasilitas pengujian memengaruhi harga uji emisi. Apabila teknologi yang digunakan modern dan terbaru, maka proses pengujiannya lebih cepat dibanding dengan teknologi yang lama. Penyediaan konsultasi akan membuat biaya layanan uji meningkat. Tetapi layanan konsultasi akan dinilai dari waktu yang dibutuhkan, kompleksitas masalah, dan keahlian yang diperlukan.

Penyedia Jasa Uji Emisi yang Terpercaya

Di awal artikel sudah disinggung mengenai penyedia jasa uji emisi yang terpercaya. Penting untuk diketahui bahwa kredibilitas penyedia jasa uji emisi menentukan seberapa akurat dan diandalkannya hasil uji yang diberikan. Untuk itu, percayakan kebutuhan uji emisi Anda ke Kalibrasi.com. Selain lengkap, Kalibrasi.com menawarkan harga uji emisi yang bersaing. 

Tersedia bermacam layanan terpercaya di Kalibrasi.com. Selain jasa uji emisi, Anda bisa ajukan permintaan untuk layanan inspeksi, sertifikasi, atau kalibrasi. Semuanya lengkap ada di Kalibrasi.com.

Ketahui Pasti Harga Uji Emisi yang Anda Perlukan Disini!

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga uji emisi mudah terpengaruh oleh faktor-faktor lainnya. Oleh karena itu, ada banyak variasi penawaran harga uji emisi sesuai jenis industri. Di Kalibrasi.com Anda bisa mendapatkan informasi biaya uji emisi secara pasti. 

Untuk lebih cepatnya, Anda bisa kunjungi website Kalibrasi.com dan isi form penawarannya. Form tersebut bisa digunakan untuk mengajukan penawaran bila berminat atau mengetahui harga uji emisi secara pasti.