Gas Analyzer : Penjelasan Lengkap, Fungsi dan Cara Kerjanya

gas analyzer

Banyak para pelaku industri tidak sadar bahwa Gas Analyzer memiliki manfaat bagi proses pemantauan produksi mereka. Perangkat yang dibuat secara khusus sebagai alat pengukur untuk mengidentifikasi gas ini merupakan alat bantu yang sangat berguna bagi bermacam-macam sektor industri pada penerapannya.

Namun tidak hanya cukup mengenalnya sebagai alat pengukur gas. Kita harus tau apa itu Gas Analyzer, fungsi dan cara pengerjaannya. Berikut ini adalah penjelasan lengkap yang wajib Anda ketahui sebelum menggunakan Gas Analyzer.

Apa Itu Gas Analyzer?

Gas Analyzer adalah  sebuah perangkat pengukur gas dengan berbagai fitur yang dapat digunakan sebagai cara mengidentifikasi gas dalam suatu sampel. Dengan mengetahui kandungan dan kondisi gas di tempat tersebut, tentunya Anda dapat  mengetahui dampak yang berakibat baik atau buruk bagi keselamatan manusia dan lingkungan.

Tindakan ini pastinya harus dilakukan sebagai cara menghindari resiko berbahaya saat berlangsungnya proses produksi. Selain itu, paparan gas lain dari emisi pembuangan kendaraan yang berbahaya juga menjadi masalah serius bagi lingkungan sekitar. 

Dengan bahaya yang begitu fatal, tentunya tak dapat dipungkiri lagi bahwa Gas Analyzer hadir sebagai angin segar dan berpengaruh besar bagi berbagai sektor industri.

Ragam fungsi yang bermanfaat dari gas analyzer inilah yang membuatnya jadi sangat dibutuhkan untuk memastikan keselamatan kerja. Dengan berbagai fungsi pentingnya, mari kita cari tau lebih dalam agar anda dapat memanfaatkan Gas Analyzer secara maksimal.

Apa Saja Fungsi Gas Analyzer

Setelah mengetahui apa itu gas analyzer dan tujuan penggunaannya. Tidak lengkap rasanya jika Anda 

tidak mengetahui fungsi gas analyzer yang dapat anda gunakan. Berikut adalah fungsi gas analyzer mulai dari identifikasi hingga untuk pemantauan lingkungan.

Untuk Mengidentifikasi Gas

Fungsi paling utama dari gas analyzer adalah untuk mengenali jenis gas yang ada pada suatu sampel. Alat ini sangat penting dalam penerapannya di berbagai industri. Proses identifikasi gas yang akurat inilah yang nanti dapat mempengaruhi pengambilan Keputusan  terhadap keselamatan kerja

Mengukur Konsentrasi Gas

Pengendalian kualitas udara dan keselamatan kerja di lingkungan yang terpapar gas berbahaya dapat terwujud dengan adanya pemantauan lingkungan. Selama proses pemantauan inilah gas analyzer 

berperan penting sebagai alat pengukur konsentrasi gas di lingkungan bekerja.

Pemantauan Emisi Gas Buang Mesin Pembakaran

Gas buang seperti karbon monoksida, karbon dioksida dan lain-lain yang dihasilkan dari mesin pembakaran dapat berakibat fatal bagi manusia. Maka dari itu pemantauan gas buang emisi menjadi sangat penting, mengingat hal ini akan menimbulkan akibat yang sangat berbahaya.

Sebagai Analisis Gas untuk Penggunaan Industri

Proses analisis gas memainkan peran penting seperti contohnya dalam sektor otomotif modern. Berbagai resiko yang bisa terjadi pada sebuah industri terutama yang berkaitan dengan gas dapat diimbangi dengan pencegahan awal yang tepat. Fungsi Gas Analyzer untuk menganalisis gas pada penggunaan industri inilah yang memberikan kemudahan bagi sebuah industri.

Untuk Mendeteksi Kebocoran Bahan Bakar

Kebocoran bahan bakar adalah masalah yang dapat memberikan dampak beruntun pada mesin. Terkadang kebocoran inilah yang tidak kita sadari sebagai biang kerok kerusakan, namun dengan Gas Analyzer kebocoran bahan bakar dapat diidentifikasi dengan akurat.

Untuk Menguji Kelayakan Gas Kendaraan

Perangkat Gas Analyzer ini mampu memberikan analisis yang akurat sebagai uji gas kendaraan. 

Pemeriksaan yang dilakukan menggunakan perangkat ini membantu pengawasan emisi kendaraan lebih efisien dalam penggunaannya di industri.

Setelah memahami fungsinya secara sekilas, Anda juga perlu menyelami fungsi-fungsi Gas Analyzer lebih lengkapnya di sini : Fungsi Gas Analyzer dan Pemanfaatan yang Maksimal. Selain fungsi, temukan juga tipe-tipe yang berbeda untuk gas analyzer di tiap industri di Industrial Gas Analyzer.

Bagaimana Cara Kerja Gas Analyzer

Dengan berbagai manfaat dan fungsi yang telah anda ketahui. Lalu bagaimana cara kerja gas analyzer yang dapat anda pelajari untuk menghindari resiko buruk di suatu lingkungan.

Cara Kerja Gas Analyzer Secara Umum

Secara umum perangkat ini bekerja sebagai alat pencegahan resiko berbahaya yang diakibatkan oleh gas. Saat anda menggunakan alat ini, langkah kerja pertama adalah pengambilan sampel gas. Setelah itu, gas analyzer akan menganalisis sampel tersebut dan menunjukkan hasilnya. Jika cara kerja secara umum ini masih membuat Anda ragu-ragu untuk menggunakan perangkat secara maksimal.

Ketahuilah cara kerja Gas Analyzer yang lebih lengkap pada artikel ini : Cara Kerja Gas Analyzer.

Cara Membaca Gas Analyzer

Setelah mendapatkan informasi yang lengkap. Anda harus memahami hasil dari gas analyzer sebagai faktor penting dalam pengambilan Keputusan keselamatan kerja. Berikut adalah cara membaca gas analyzer dan angka ideal yang berbeda.

Monoksida (CO)

Gas monoksida (Co) menunjukkan pembakaran di dalam silinder. Jika pembakaran mesin injeksi berkisar 0,2% – 1,5% maka angka ideal yang seharusnya adalah 0,5%. Namun jika angka yang terdeteksi oleh gas analyzer berbeda dengan angka ideal, maka pemeriksaan lanjutan harus dilakukan. 

Karbon Monoksida (C02)

Cara membaca gas monoksida adalah dengan memperhatikan angka idealnya. Standar yang baik harus menunjukkan CO2 diatas 12%. Semakin tinggi nilai yang terlihat, maka semakin baik proses pembakaran yang terjadi.

Hidro karbon (HC)

Gas ini mengindikasikan sisa bensin yang tercampur dengan asap knalpot. Nilai ideal yang seharusnya terdeteksi oleh gas analyzer adalah 300 ppm. Bila hasil yang didapat tidak sesuai, tenaga mesin akan loyo dan konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Oksigen (O2)

Gas O2 yang terlalu banyak keluar dari sisa gas buang menandakan mesin tidak efisien digunakan. Indikasi nilai idealnya tidak boleh lebih dari 2 %. Bila kadar oksigen dari hasil analisis melebihi batas, maka ada kebocoran di sistem buang gas pada mesin.

Baca Juga : Spesifikasi Gas Analyzer Terlengkap yang Wajib Anda Ketahui

Kesimpulan

Setelah memahami secara lengkap perangkat gas analyzer mulai dari kegunaan, fungsi, hingga cara kerjanya. Kita bisa bersepakat bahwa Gas Analyzer adalah alat yang memiliki manfaat luar biasa untuk berbagai sektor industri yang melibatkan kondisi gas dalam proses kerjanya.

Maka dari itu pengukur gas ini merupakan perangkat yang wajib digunakan agar keselamatan pekerja dan lingkungan dapat terjamin dengan baik. Mari wujudkan keselamatan kerja dengan langkah praktis menggunakan gas analyzer. Jangan lupa juga untuk selalu memastikan kualitas terbaik dari Gas Analyzer yang Anda gunakan hanya di Tempat Jual Gas Analyzer Terpercaya ini.