Penjelasan Fungsi Osiloskop dalam Bidang Elektronika

fungsi osiloskop dalam bidang elektronika

Tahukah Anda gelombang listrik dapat diproyeksikan dan diukur dengan menggunakan sebuah alat? Alat yang dimaksud tersebut adalah Osiloskop. Fungsi osiloskop dalam bidang elektronika salah satunya adalah menampilkan sinyal listrik secara grafis dan menunjukkan bagaimana sinyal listrik tersebut dapat menunjukkan bagaimana sinyal tersebut berubah seiring waktu.

Sebagai salah satu alat ukur listrik osiloskop memang paling jarang ditemui pada kebutuhan rumah tangga. Hal ini karena memang alat ini sangat dikenal dekat pada dunia elektronik, sehingga Anda mungkin tidak pernah mendengar tentang alat bernama osiloskop ini. Oleh karenanya osiloskop menjadi alat yang berperan penting bagi siapapun yang bekerja dengan elektronik. 

Berkaitan dengan hal tersebut maka juga penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana fungsi osiloskop dalam bidang elektronika dan fungsi penggunaan osiloskop dalam bidang elektronik. Mari simak penjelasan lebih lengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Pengertian dan Fungsi dari Osiloskop

Dirangkum dari beberapa sumber menurut pengertiannya osiloskop dapat didefinisikan sebagai alat ukur elektronika yang fungsinya memproyeksikan bentuk sinyal listrik agar dapat dilihat dan dipelajari. Umumnya fungsi osiloskop dalam bidang elektronika dapat digunakan untuk mengamati bentuk gelombang secara tepat dari sinyal listrik sehingga dapat dipelajari.

Selain dapat menunjukkan bentuk gelombang listrik secara tepat, alat ini juga dapat menunjukkan amplitudo sinyal, distorsi, waktu antara dua peristiwa seperti lebar pulsa, periode, atau waktu naik dan menunjukan waktu relatif dari dua sinyal yang saling berkaitan. Dimana osiloskop ini juga mempunyai sampel data yang sangat tinggi, itulah mengapa osiloskop menjadi salah satu peralatan ukur elektronik yang mahal.

Berkaitan dengan hal tersebut alat ukur elektronik yang bekerja berdasarkan sampel data maka semakin tinggi sample data,semakin akurat pula peralatan elektronik tersebut. 

Fungsi Kerja Osiloskop

Berbicara mengenai fungsi kerja, untuk memahami cara kerjanya, Anda perlu mengetahui komponen dasar dari osiloskop. Dimana alat ukur osiloskop ini dirancang dengan komponen utama yang disebut tabung katode yang dipasang dalam rangkaian.  Melalui komponen inilah osiloskop dapat bekerja dengan cara tabung sinar katode yang memiliki prinsip kerja sebagai electron kemudian dipancarkan dari katode. 

Sinar katode yang dipancarkan kemudian menumbuk bidang gambar yang dilapisi zat yang bersifat flourecent. Saluran input yang menangkap sinyal yang ingin di analisis memungkinkan Anda menyesuaikan pengaturan osiloskop untuk menampilkan sinyal dengan cara yang berbeda.  Untuk hasil yang lebih tepat dapat diperoleh ketika osiloskop digunakan untuk menghasilkan dan mengukur sinyal.

Fungsi osiloskop dalam Bidang Elektronika: Penggunaannya

Dari penjelasan sebelumnya telah disampaikan fungsi osiloskop dalam bidang elektronika ini untuk melihat gambar tegangan yang berosilasi hingga frekuensi beberapa Megahertz.  Untuk menganalisis sinyal listrik apa pun, umumnya osiloskop dapat menganalisis sinyal dalam rentang frekuensi beberapa hertz hingga gigahertz.  Dalam penggunaan osiloskop di bidang elektronik, berikut beberapa situasi umum yang memungkinkan menggunakan osiloskop diantaranya : 

  1. Debugging : Debugging pada sirkuit elektronik memiliki peran penting untuk memecahkan masalah. Dimana jika suatu sirkuit tidak berfungsi dengan baik maka osiloskop dapat membantu dalam mengidentifikasi masalahnya.
  2. Desain : Dalam rancangan elektronika, Osiloskop juga dapat diandalkan dalam merancang sirkuit elektronik. Osiloskop akan membantu menguji dan memverifikasi desain tersebut dengan memeriksa bentuk gelombang sinyal di berbagai titik dalam sirkuit.
  3. Analisis daya, osiloskop dalam bidang elektronik juga membantu dalam menganalisis sinyal. Alat ini dapat diandalkan untuk memberikan informasi terperinci tentang karakteristik sinyal seperti amplitude, frekuensi, fase, dan bentuk
  4. Kontrol kualitas : Dalam bidang elektronik, osiloskop juga digunakan dalam kontrol kualitas untuk memastikan bahwa produk elektronik yang diproduksi telah memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan oleh pengguna alat elektronik. 

Kesimpulan

Sekian penjelasan yang dapat disampaikan mengenai fungsi osiloskop dalam bidang elektronika. Dari ulasan tersebut dapat disimpulkan bahwa osiloskop memiliki fungsi yang sangat dekat dengan peralatan elektronik.  Selain sangat dapat diandalkan dalam memproyeksikan bentuk sinyal listrik, alat ini juga dapat mengamati amplitudo tegangan frekuensi, periode dari sinyal yang tidak diketahui dan lain sebagainya. Hal tersebut memungkinkan osiloskop dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan teknis dibidang elektronika