Penjelasan Fungsi Osiloskop dalam Berbagai Bidang

fungsi osiloskop

Pengukuran gelombang listrik secara akurat dan tepat sangat dibutuhkan pada banyak bidang pekerjaan seperti peralatan medis dan elektronik. Termasuk sebagai salah satu alat ukur listrik Osiloskop yang sangat identik dengan studi dan pengembangan gelombang listrik. Fungsi osiloskop adalah instrumen yang menampilkan sinyal listrik secara grafis dan menunjukkan bagaimana sinyal tersebut dapat berubah seiring waktu.

Gelombang yang diukur pada osiloskop tidak hanya untuk menciptakan sinyal listrik namun sebagai respon terhadap fisik seperti suara, cahaya, dan panas. Oleh karenanya osiloskop banyak digunakan oleh ilmuwan, insinyur, fisikawan, teknisi perbaikan, dan pendidik untuk melihat perubahan sinyal seiring waktu. Lalu apa saja fungsi osiloskop dalam berbagai bidang? Disini akan membahas fungsi osiloskop yang perlu Anda ketahui maka simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Fungsi Utama Osiloskop

Secara umum fungsi dari osiloskop adalah mengukur tegangan dengan memplot (menggambar) grafik antara tegangan dan waktu. Sebagai alat ukur elektronik osiloskop menawarkan fungsi utama untuk memproyeksikan bentuk sinyal listrik agar dapat dilihat dipelajari. Osiloskop sering digunakan untuk merancang, membuat dan memperbaiki peralatan elektronik. Selain itu fungsi lainnya dari osiloskop diantaranya :

  1. Dapat menyelidiki peristiwa atau gejala yang bersifat periodic
  2. Mengamati bentuk gelombang kotak dari tegangan listrik
  3. Mampu menganalisis gelombang kotak dari tegangan listrik
  4. Mengamati amplitude tegangan, frekuensi, periode dari sinyal yang tidak diketahui
  5. Mengukur tegangan arus searah atau bolak balik dan menghitung frekuensinya.

Untuk melihat penjelasan lebih lengkapnya bisa Anda simak di Fungsi Osiloskop Secara Umum

Fungsi Aplikasi Osiloskop

Secara umum dalam banyak ilmu pengetahuan osiloskop memegang peran fundamental dalam perkembangan sains dunia. Hal ini karena mengingat fungsinya mampu menampilkan seperti apa gelombang osilasi guna menunjukkan frekuensi dan karakteristiknya. Dalam pengasplikasiannya osiloskop mudah dijumpai :

  • Osiloskop mengubah sinyal listrik menjadi grafik terlihat yang ditampilkan di layar 
  • Osiloskop digunakan oleh para insinyur untuk menguji dan memperbaiki masalah pada perangkat elektronik 
  • Osiloskop banyak diaplikasikan pada bidang medis
  • Osiloskop digunakan sebagai instrumen utama di laboratorium fisika yang digunakan siswa dalam eksperimen mereka.

Fungsi Osiloskop dalam Elektronika

Sebagai alat ukur kelistrikan, fungsi alat sangat dekat dengan bidang elektronika. Dimana osiloskop ini banyak digunakan untuk memeriksa ulang perangkat elektronik guna memverifikasi dan memperbaiki desain sirkuit dalam waktu singkat. Alat ukur elektronik bekerja berdasarkan sampel data dimana jika semakin tinggi sampel data maka semakin akurat peralatan elektronik tersebut. 

Osiloskop sendiri memiliki sampel data yang sangat tinggi, itulah mengapa osiloskop menjadi alat ukur elektronik yang memiliki peran penting dan cenderung memiliki harga yang mahal. Untuk penjelasan selengkapnya Anda dapat mempelajari lebih lengkapnya di Fungsi Osiloskop dalam Bidang Elektronika 

Fungsi Osiloskop dalam Engineering

Seperti yang dijelaskan sebelumnya insinyur menjadi salah satu pengguna osiloskop untuk pengukuran elektronik perangkat. Seorang insinyur teknik otomotif umumnya menggunakan osiloskop untuk menghubungkan data analog dari sensor dengan data serial dari unit kontrol mesin.  

Melalui osiloskop alat ini dapat menampilkan nilai sinyal listrik yang berubah seiring waktu di layar, oleh karena itu osiloskop dalam engineering dikenal sebagai instrumen uji elektronik.  Baca penjelasan lebih lanjut fungsi ini yang bisa Anda cek di Fungsi Osiloskop dalam Pengukuran 

Fungsi Osiloskop dalam Kedokteran

Tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan elektronik dan teknis, dalam lingkup yang lebih luas osiloskop juga digunakan dalam berbagai macam bidang pekerjaan seperti kedokteran.  Seorang peneliti medis mungkin menggunakan osiloskop untuk melakukan pengukuran pada gelombang otak untuk mendiagnosis suatu penyakit atau sebagai bagian dari terapi. 

Dalam bidang kedokteran juga untuk memantau sinyal tubuh kita, umumnya dokter akan menggunakan osiloskop dalam tiga bentuk berbeda. Adapun diantaranya telah tercantum berikut ini : 

  • EKG Elektrokardiogram untuk memantau jantung.
  • EMG Elektromiogram untuk memantau aktivitas otot.
  • EEG Elektroensefalogram untuk memantau aktivitas otak kita.

Kesimpulan

Sekian penjelasan yang dapat disampaikan mengenai fungsi Osiloskop. Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa osiloskop secara umum berfungsi untuk memproyeksikan bentuk sinyal listrik sehingga dapat dilihat dan dipelajari. Memiliki komponen dan fungsi yang luar biasa membuat alat ini sering digunakan untuk merancang, membuat atau memperbaiki peralatan elektronik. Namun tidak hanya itu saja alat pengukur gelombang listrik ini juga digunakan untuk dalam bidang elektronika, engineering hingga kedokteran.