Fungsi Multifunction Calibrator dan Keuntungan Menggunakannya

fungsi multifunction calibrator

Akurasi pengukuran dari alat ukur dapat berubah seiring waktu penggunaannya. Penurunan akurasi terjadi karena banyak faktor seperti lingkungan, proses penggunaan, penyimpangan, dan sebagainya. Fungsi multifunction calibrator yang utama adalah perangkat yang membantu Anda untuk meningkatkan akurasi alat ukur dan menyelaraskannya dengan standar serta spesifikasi. Penggunaan multifunction calibrator penting untuk memastikan informasi yang diterima dari alat ukur akurat dan dapat diandalkan. Yuk, pelajari tentang fungsi multifunction calibrator dan keuntungannya.

Mengapa Menggunakan Multifunction Calibrator?

Multifunction calibrator adalah alat serbaguna yang dapat melakukan berbagai jenis kalibrasi dalam aplikasi industri. Fungsi multifunction calibrator ini memiliki peran yang sangat dibutuhkan untuk memastikan alat-alat pada lingkungan industri tetap akurat, sesuai standar, dan tidak menyimpang.

Perangkat ini dirancang untuk menyelaraskan nilai akurasi dari alat ukur dengan mengambil, menyimulasikan, dan mengukur berbagai parameter proses. Sehingga didapatkan hasil ukur yang dapat diandalkan. Dengan menggunakan multifunction calibrator, Anda dapat melakukan kalibrasi dengan segera pada alat yang menunjukkan adanya penyimpangan. 

Fungsi Multifunction Calibrator

Di dalam dunia industri memerlukan alat-alat yang dapat diandalkan untuk memastikan kualitas produk sesuai standar. Multifunction calibrator dirancang dengan fitur dan rangkaian yang canggih, sehingga cocok untuk memverifikasi kesesuaian nilai pada alat-alat industri. Berikut adalah fungsi multifunction calibrator.

Dapat Mengkalibrasi Hampir Semua Jenis Alat

Multifunction calibrator dikenal sebagai alat yang dapat melakukan kalibrasi berbagai jenis alat dalam industri, terutama alat ukur. Kalibrasi yang dilakukan oleh perangkat ini sangat presisi. Anda dapat menyelaraskan dan memastikan kinerja alat industri telah sesuai spesifikasi. 

Mengukur Berbagai Parameter

Di sisi lain, multifunction calibrator berfungsi untuk menyimulasikan dan mengukur berbagai parameter proses alat ukur untuk memverifikasi nilainya. Beberapa parameter umum yang dapat diukur oleh perangkat ini yaitu:

Pengukuran Suhu

Terdapat banyak alat industri yang memiliki fungsi untuk memonitoring suhu seperti dehumidifier, termometer, dan sebagainya. Nah, multifunction calibrator dapat mengukur suhu pada jenis alat tersebut untuk memastikan akurasinya tidak menyimpang dan dapat memberikan kinerja terbaik.

Pengukuran Sinyal Listrik

Listrik menjadi sumber utama untuk mengoperasikan berbagai macam alat dan mesin produksi. Multifunction calibrator dapat mengukur sinyal listrik pada sirkuit, perangkat elektronik, dan alat ukur listrik. Perangkat ini mengukur sinyal listrik seperti arus, tegangan, dan hambatan dengan presisi.

Pengukuran Tekanan

Sektor industri maupun konstruksi banyak menggunakan alat-alat khusus yang membutuhkan akurasi tinggi. Anda bisa gunakan multifunction calibrator untuk mengukur tekanan pada jenis alat yang relevan untuk memverifikasi keselarasan nilainya terhadap standar.

Keuntungan Menggunakan Multifunction Calibrator

Perangkat ini dirancang untuk memudahkan Anda melakukan kalibrasi berbagai jenis instrumen dengan cepat. Dengan demikian tidak mengganggu produktivitas penggunaan alat tersebut. Multifunction calibrator menghadirkan beberapa keuntungan yang bisa Anda pertimbangkan, diantaranya:

  • Pengoperasiannya sederhana.
  • Memiliki kemampuan untuk membaca, dan mencari berbagai sinyal proses seperti arus, tegangan, frekuensi, frekuensi, denyut nadi, dan resistansi. 
  • Dapat mengukur dan mengkalibrasi setiap instrumen hanya dengan menggunakan satu instrumen. 
  • Dapat melakukan berbagai jenis kalibrasi dalam berbagai aplikasi industri.

Kesimpulan

Aktivitas industri sangatlah dinamis dan sulit untuk memprediksi kapan terjadi downtime pada alat yang digunakan. Multifunction calibrator adalah solusi untuk mengatasi penyimpangan pada alat-alat industri. Dengan perangkat ini, Anda bisa mengkalibrasi berbagai jenis peralatan industri secara presisi. Sehingga Anda dapat memverifikasi akurasi alat. Setelah dikalibrasi, alat dapat digunakan kembali seperti biasanya.