Ketahui Kisaran Biaya Uji Riksa dan Layanan Pengujian dari Kalibrasi.com

biaya uji riksa

Untuk memastikan bahwa setiap peralatan kerja yang digunakan aman dan dapat berfungsi dengan baik, perlu dilakukannya tindakan riksa uji. Riksa uji dapat dengan mudah dilakukan dengan jasa uji riksa yang terbaik dan terpercaya.

Jasa uji riksa adalah layanan penyedia pengujian, inspeksi, dan penilaian terhadap aspek teknis dan keselamatan dari peralatan, struktur, mesin, dan fasilitas. Kini sudah ada banyak jasa uji riksa yang tersedia, namun berapa kisaran biaya uji riksa tersebut? Bila Anda penasaran dengan biaya uji riksa, maka dari itu yuk simak pembahasan artikel ini dari awal hingga akhir dengan baik!

Berikut Kisaran Biaya Uji Riksa Sesuai Jenis Pengujiannya

Untuk kisaran biaya uji riksa ini sangat bervariasi pastinya, yang mana setiap biaya yang ditawarkan akan disesuaikan dengan tindakan riksa uji yang dilakukan. Ada berbagai jenis riksa uji, termasuk riksa uji konstruksi, mesin dan peralatan industri, kelistrikan, transportasi, serta minyak dan gas. Untuk lebih detail mengenai kisaran biaya uji riksa setiap jenis pengujian berikut merupakan penjabarannya: 

Riksa Uji Konstruksi

Biaya uji riksa dalam bidang konstruksi, terutama pada struktur bangunan biasanya berkisar Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000 per inspeksi tergantung pada ukuran dan kompleksitas bangunan. Sedangkan untuk material konstruksi sekisar Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000 per sampel untuk pengujian material seperti beton atau baja. 

Riksa Uji Mesin dan Peralatan Industri

Untuk biaya uji riksa pada mesin dan peralatan industri, pada mesin pabrik sekisar Rp 1.500.000 hingga Rp 3.000.000 per mesin, tergantung pada jenis dan ukuran mesin. Dan untuk peralatan tekanan (Boller, Tangki, dll) berkisar Rp 3.000.000 hingga Rp 7.000.000 per unit untuk pengujian tekanan dan integritas struktural. 

Riksa Uji Kelistrikan

Pada riksa uji kelistrikan, umumnya untuk instalasi listrik gedung yaitu sebesar Rp 2.000.000 hingga Rp 6.000.000 per inspeksi, tergantung pada ukuran gedung dan kompleksitas instalasi. Serta untuk peralatan elektronik sebesar Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000 per unit untuk pengujian kepatuhan dan keselamatan. 

Riksa Uji Transportasi

Kemudian untuk riksa uji transportasi biasanya biaya yang ditawarkan pada kendaraan bermotor mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 1.000.000 per kendaraan untuk inspeksi teknis lengkap, dan untuk kereta api mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 15.000.000 per unit, tergantung pada jenis dan jumlah komponen yang diuji. 

Riksa Uji Minyak dan Gas

Selanjutnya untuk riksa uji minyak dan gas, terutama pada fasilitas pengeboran biaya yang ditawarkan sekisar Rp 10.000.000 hingga Rp 50.000.000 per inspeksi, tergantung pada skala dan kompleksitas fasilitas. Dan untuk pipa biayanya sekitar Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000 per kilometer untuk pengujian integritas pipa. 

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Uji Riksa

Pada pembahasan sebelumnya, sudah Anda ketahui bahwasannya untuk biaya uji riksa ini cukup bervariasi. Namun, perlu Anda ketahui bahwa setiap biaya uji riksa yang ditawarkan tersebut dapat berubah tergantung dengan banyak faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi biaya uji riksa yaitu:

  • Jenis dan Metode Pengujian: Metode non-destruktif biasanya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan metode visual sederhana. 
  • Kompleksitas dan Ukuran Proyek: Suatu proyek yang lebih kompleks dan lebih besar biasanya cenderung memerlukan biaya yang lebih tinggi. 
  • Lokasi Geografis: Biaya uji riksa juga dapat bervariasi berdasarkan lokasi dan ketersediaan penyedia jasa di daerah tersebut. 
  • Frekuensi dan Volume: Tindakan pengujian yang dilakukan secara berkala atau dalam jumlah besar mungkin akan mendapatkan harga yang lebih komprehensif. 
  • Kepatuhan terhadap Standar dan Regulasi: Pengujian juga memerlukan sertifikasi khusus yang memenuhi standar internasional tertentu yang dapat menjadikan biaya pengujian ini menjadi mahal. 

Hubungi Kalibrasi.com Untuk Dapatkan Layanan Jasa Riksa Uji

Nah, bagaimana sangat penting bukan melakukan riksa uji pada peralatan kerja untuk menjaga keselamatan pengguna dan menjaga keamanan sistem kerja tersebut. Untuk memudahkan Anda dalam menangani proses riksa uji dengan mudah, maka bisa Anda percayakan kepada Kalibrasi.com yang sudah terpercaya. 

Kalibrasi.com dapat menjadi tempat yang tepat untuk menangani tindakan riksa uji dengan handal. Mengenai biaya uji riksa yang ditawarkan oleh Kalibrasi.com tentunya sesuai dengan layanan yang diberikan. Bila Anda tertarik, Anda bisa langsung menghubungi Kalibrasi.com dengan mengisi formulir permintaan layanan yang tersedia sekarang juga!