Ketahui Biaya Uji Lab Air Tanah dan Pemesanan Melalui Kalibrasi.com

biaya uji lab air tanah

Kualitas air tanah menjadi hal yang sangat krusial untuk kebutuhan industri. Sumber air yang ada dari tanah mungkin saja memang mengandung banyak sekali senyawa yang berbahaya apabila dikonsumsi secara terus menerus. Untuk itu, pengujian memang sangat diperlukan di laboratorium uji air tanah. Namun, berapa biaya uji lab air tanah ini?

Anda bisa menemukan semua jawaban itu di sini, karena ada banyak jenis pengujian air tanah yang biayanya berbeda-beda, dan pastikan juga Anda bisa memilih Kalibrasi.com karena bisa memberikan kepada Anda biaya uji lab air tanah yang terpercaya karena sudah terakreditasi KAN (KOmite Akreditasi Nasional).

Berikut adalah estimasi biaya uji lab air tanah dan juga bagaimana pemesanan layanan pengujian air tanah dari Kalibrasi.com!

Pentingnya Pengujian Kualitas Air Tanah

Sebelum Anda masuk ke estimasi biaya uji lab air tanah, apakah Anda belum sadar betapa pentingnya pengujian ini? Ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pengujian kualitas air tanah, di antaranya adalah:

  • Menjaga Kesehatan Manusia
  • Menjaga Keseimbangan Ekosistem
  • Menjaga Keseimbangan Ekonomi
  • Menaati Regulasi
  • Pemantauan Perubahan Lingkungan
  • Pencegahan Kerusakan Struktural
  • Pengelolaan Sumber Daya Air

Semua keuntungan tersebut sudah jelas Anda dapatkan apabila Anda juga memikirkan di mana Anda bisa mendapatkan jasa uji kualitas air tanah yang terbaik dan berkualitas, contohnya yang paling pasti adalah di Kalibrasi.com.

Kalibrasi.com Sebagai Laboratorium Uji Kualitas Air Tanah

Perlu Anda ketahui sebelumnya, laboratorium uji kualitas air tanah adalah tempat dengan perlengkapan dan teknologi khusus yang digunakan untuk melakukan beragam analisis dan pengujian mutu air tanah. Tujuannya adalah memastikan air yang digunakan aman serta memenuhi standar kesehatan dan lingkungan yang berlaku. Dengan melakukan berbagai jenis pengujian, laboratorium ini berperan dalam menjaga kesehatan masyarakat, melindungi lingkungan, dan mendukung praktik industri yang berkelanjutan. 

Selain itu, laboratorium ini juga berkontribusi pada pemantauan lingkungan yang terus menerus dan membantu merumuskan kebijakan publik yang lebih efektif dalam pengelolaan sumber daya air.

Adapun dari Kalibrasi.com akan bisa memberikan kepada Anda berbagai keuntungan, di antaranya adalah:

Reputasi yang Terjaga

Kalibrasi.com memiliki reputasi yang bagus dalam hal laboratorium kualitas air tanah. Dengan sudah mendapatkan akreditasi dari KAN, support yang selalu siap membantu Anda kapanpun, membuat banyak pelanggan dari Kalibrasi.com puas dengan layanan ini. 

Menggunakan Tim Pengujian yang Terbaik

Kalibrasi.com memang selalu menggunakan tim pengujian terbaik. Semua tim pengujian dari Kalibrasi.com adalah orang yang sudah berpengalaman 5-25 tahun dan sudah mendapatkan sertifikat resmi sesuai dengan bidangnya.

Menggunakan Standar Nasional dan Internasional

Hal pasti mengapa Anda memilih Kalibrasi.com selain biaya uji lab air tanah yang terjangkau adalah Anda bisa mendapatkan kualitas terbaik dan dapat dipercaya semua pihak. Karena, setiap pengujian kualitas air tanah dari Kalibrasi.com menggunakan standar nasional dan juga internasional.

Estimasi Biaya Uji Lab Air

Sekarang masuk ke pembahasan utama, yaitu tentang berapa estimasi biaya uji lab air tanah ini. Untuk biayanya tergantung dari jenis pengujian, dan setiap jenis pengujian pun ada beberapa sub jenis lain yang harganya berbeda-beda. Berikut adalah penjelasannya:

Pengujian Fisika

Untuk pengujian fisika pada air tanah, estimasi biaya uji lab air tanahnya tergantung jenisnya seperti uji pH, kekeruhan, dan juga warna dari air tanah.

  • Uji pH: Estimasi biayanya ada di Rp 50.000 – Rp 150.000 per sampel.
  • Uji Kekeruhan: Untuk uji kekeruhan air tanah, biayanya berkisar Rp 100.000 – Rp 200.000 per sampel.
  • Uji Warna: Terakhir adalah uji warna air tanah dengan biaya uji lab air tanah ada di Rp 50.000 – Rp 150.000 per sampel.

Pengujian Kimia

Selain pengujian fisika, ada juga pengujian kimia. Estimasi biaya uji lab air tanahnya adalah sebagai berikut:

  • Pengukuran Kadar Logam Berat: Beberapa logam berat yang diukur adalah Timbal, Kadmium, Merkuri. Kisaran biaya untuk pengujian ini adalah Rp 200.000 – Rp 500.000 per parameter.
  • Analisis Kandungan Nutrien: Analisa pada air tanah terhadap Nutrien ini berfokus kepada Nitrat, Nitrit, Fosfat. Harganya adalah Rp 100.000 – Rp 300.000 per parameter.
  • Analisis Bahan Organik: Atau biasa disebut dengan BOD (Demandas Oksigen Biologi), COD (Demandas Oksigen Kimia) biayanya ada di Rp 200.000 – Rp 500.000 per parameter.
  • Pengukuran Zat Kimia Lainnya: Untuk zat kimia yang lain seperti Pestisida, Herbisida, Bahan Kimia Organik, biayanya adalah Rp 200.000 – Rp 500.000 per parameter.

Pengujian Mikrobiologi

Pengujian mikrobiologi adalah yang terakhir untuk uji lab air tanah. Ada beberapa yang harus Anda ketahui biayanya, yaitu:

  • Uji Coliform dan E. coli: Biaya yang harus Anda keluarkan di pengujian ini adalah Rp 100.000 – Rp 300.000 per parameter.
  • Pengujian Mikroorganisme Patogen Lainnya: Rata-rata biaya uji lab air tanah pada banyak laboratorium pengujian adalah  Rp 200.000 – Rp 500.000 per parameter.

Hubungi Kalibrasi.com Untuk Pemesanan

Harga terjangkau dan juga kecepatan pengerjaan dari Kalibrasi.com adalah salah satu yang perlu Anda perhatikan terakhir, karena jika mendapatkan biaya uji lab air tanah terjangkau tapi pengerjaan tidak cepat, untuk apa?

Maka dari itu, hubungi sekarang juga Kalibrasi.com untuk bertanya tentang biaya uji lab air tanah dengan mengisi form untuk permintaan jasa uji dari Kalibrasi.com sekarang juga!