4 Jenis Alat Uji Sudut Diam Granul dan Penjelasannya

alat uji sudut diam granul

Mendapatkan produk yang berkualitas memang harus melalui berbagai macam pengujian, salah satu pengujian yang dilakukan pada industri farmasi adalah uji sudut diam granul. Pengujian ini memang sangat penting bukan hanya di bidang farmasi, tapi juga industri pertanian, manufaktur, dan sektor lainnya. Setiap pengujiannya, harus menggunakan alat uji sudut diam granul yang tepat dan paham tentang bagaimana penggunaannya.

Di sini, akan dijelaskan apa saja alat uji sudut diam granul dan juga penjelasan mengenai apa fungsinya dalam pengujian ini.

Mengenal Tentang Uji Sudut Diam Granul

Sebelum membahas tentang beragam alat uji sudut diam granul, uji sudut diam granul itu seperti apa? Uji sudut diam granul sangat penting dalam industri pertanian, manufaktur, dan di berbagai sektor lain di mana sifat aliran serbuk dan bahan granular memegang peranan penting. 

Dengan mengukur sudut diam, uji ini memberikan wawasan berharga tentang perilaku aliran dan kekompakan serbuk, sehingga membantu perusahaan untuk mengoptimalkan proses dan produk mereka demi mencapai efisiensi maksimum.

Langkah pertama dalam uji sudut diam granul adalah memastikan bahwa bahan granular yang akan diuji bebas dari kelembaban atau kotoran yang dapat mempengaruhi hasil uji. Selanjutnya adalah mempersiapkan berbagai alat uji sudut diam granul.

Pentingnya Uji Sudut Diam Granul Dilakukan

Uji sudut diam granul adalah salah satu jenis pengujian yang sangat penting agar dapat mengidentifikasi sifat aliran granul. 

Ketika serbuk dituangkan, bentuk kerucut yang terbentuk menentukan sudut diamnya; semakin landai kerucutnya, semakin kecil sudut diamnya. Ini akan sangat berpengaruh kepada kualitas dari produk dan juga menjadi bagian penting dalam menjaga nama besar perusahaan demi memberikan produk yang berkualitas bagi konsumen.

Alat Uji Sudut Diam Granul

Jika Anda ingin melaksanakan uji sudut diam granul, ada beberapa alat yang harus Anda gunakan. Setiap alat uji sudut diam granul ini memainkan peranan penting demi mendapatkan obat yang berkualitas dan juga mudah untuk dicerna bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah 4 alat yang harus Anda persiapkan:

Angle of Repose Tester

Alat uji sudut diam granul yang pertama adalah Angle of Repose Tester. Alat ini adalah alat yang spesifik dirancang untuk mengukur sudut diam granul. Alat ini terdiri dari sebuah lempeng datar yang dilengkapi dengan skala sudut yang dipasang pada platform. Proses pengukuran dimulai dengan mengisi bahan granular atau bubuk ke atas lempeng datar sampai membentuk tumpukan alami, kemudian sudut diam granul diukur menggunakan skala sudut pada alat tersebut.

Jenike Shear Tester

Meskipun awalnya dirancang untuk mengukur kekuatan geser bahan granular, juga dapat digunakan untuk mengukur sudut diam granul dalam pengaturan khusus. Bahan granular diisi ke dalam cangkir uji, dan sudut diam granul diukur saat bahan mencapai kondisi keseimbangan.

Freeman FT4 Powder Rheometer

Freeman FT4 Powder Rheometer adalah alat uji sudut diam granul yang sering digunakan untuk mengukur berbagai sifat alir dari bahan bubuk atau granul, termasuk sudut diam granul. Alat ini menggunakan berbagai metode pengujian untuk mengevaluasi aliran, kompresibilitas, dan perilaku deformasi dari bahan granular.

Hall Flowmeter

Alat uji sudut diam granul yang terakhir adalah Hall Flowmeter. Perangkat ini adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan aliran massa dari bahan granular atau bubuk melalui saluran standar. Sudut diam granul dapat dihitung berdasarkan dimensi saluran dan kecepatan aliran massa yang diukur menggunakan alat ini.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah tahu tentang apa saja alat uji sudut diam granul? 4 alat tersebut memainkan peranan yang sangat penting dalam pengujian dan harus ada semuanya demi mendapatkan produk yang berkualitas dan juga memastikan bahwa bahan granular atau bubuk dapat dihitung sudut diamnya dan juga kecepatan aliran massanya.