Cara Mendapatkan dan Contoh Surat Permohonan Kalibrasi

contoh surat permohonan kalibrasi

Bagi Anda para pemilik Alat Ukur pasti sudah tidak asing dengan prosedur kalibrasi. Yap, Kalibrasi alat ukur menjadi salah satu prosedur yang harus dilakukan untuk mendapatkan jaminan mutu dan mengetahui kualitas alat ukur yang telah digunakan.  

Dalam pelaksanaannya terdapat syarat, ketika akan mengajukan prosedur kalibrasi. Sebagai salah satu prosedur yang telah diatur dalam standar nasional dan internasional. Prosedur ini memiliki persyaratan yang wajib dipenuhi setiap pemilik alat ukur yang hendak melakukan kalibrasi.

Persyaratan itu adalah membuat surat permohonan kalibrasi yang harus dilampirkan untuk diajukan kepada lembaga atau badan terkait kalibrasi. Surat tersebut dibuat untuk mengajukan permohonan kalibrasi secara resmi dari suatu instansi yang menyampaikan permohonan kalibrasi melalui surat. 

Oleh karenanya pemilik alat ukur yang ingin melakukan kalibrasi wajib membuat surat permohonan ini. Masih bingung bagaimana contoh surat permohonan kalibrasi?  begini penjelasan lengkapnya!

Apa Sih Surat Permohonan Kalibrasi itu?

Sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah, setiap peralatan ukur yang digunakan dalam kegiatan industri atau lembaga terkait pengukuran alat wajib melakukan pengujian dan kalibrasi secara berkala. Maka dari itu untuk melakukan prosedur kalibrasi dibutuhkan izin dari badan atau lembaga yang berwenang melalui surat permohonan kalibrasi.

Membahas mengenai surat permohonan kalibrasi, belum lengkap rasanya jika tidak mengenal definisi dari Surat permohonan kalibrasi. Surat permohonan kalibrasi adalah surat pengantar yang digunakan dalam prosedur kalibrasi yang disampaikan kepada badan atau lembaga kalibrasi yang berwenang.

Surat permohonan ini ditulis dengan memberikan informasi tentang alat ukur yang akan dikalibrasi. Dengan begitu petugas akan memeriksa pengajuan surat permohonan tersebut untuk ditindak lanjuti. 

Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan, apa fungsi sebenarnya dari surat permohonan kalibrasi itu? Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut!

Fungsi surat permohonan kalibrasi

Seperti yang telah Anda ketahui Kalibrasi harus dilakukan secara berkala oleh Balai Pengujian Fasilitas Kesehatan dan/atau institusi pengujian fasilitas kesehatan yang berwenang. Sehingga peralatan yang digunakan harus memenuhi ketentuan dan harus diawasi oleh lembaga yang berwenang.

Oleh karena itu surat permohonan kalibrasi tersebut berfungsi untuk menyampaikan peralatan apa saja yang diajukan untuk digunakan pada prosedur kalibrasi. Selanjutnya dilampirkan pula spesifikasi peralatan yang akan digunakan, rentang ukur yang diajukan untuk kalibrasi, dan beberapa informasi tambahan yang dibutuhkan untuk disampaikan

Bagaimana Cara Mendapatkan Surat Permohonan Kalibrasi

Seperti yang telah dijelaskan di awal, bahwa surat permohonan kalibrasi yang harus dilampirkan untuk diajukan kepada lembaga atau badan terkait kalibrasi. Nah pertanyaannya adalah apa lembaga atau badan yang berwenang dalam menerima surat permohonan kalibrasi tersebut?

Balai kalibrasi dari Kemendag adalah badan yang berwenang menyetujui permohonan kalibrasi yang diajukan oleh pemilik alat ukur. Surat permohonan tersebut dapat Anda dapatkan dari Balai Kalibrasi tersebut. 

Balai kalibrasi dapat melayani kalibrasi internal (di laboratorium Balai Kalibrasi) maupun kalibrasi eksternal (di lokasi pelanggan). Nah oleh karena itu surat permohonan kalibrasi juga bisa didapatkan dari laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi dan terpercaya. 

Contoh Surat Permohonan Kalibrasi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya untuk mengajukan permohonan kalibrasi secara resmi, suatu instansi akan menyampaikannya melalui surat. Penulisan surat permohonan kalibrasi tersebut memiliki isi dan formatnya sendiri. Format  penulisan tersebut sebagai berikut:

  • Kop Surat
  • Nama Kota, Tanggal dibuatnya surat
  • Nomor Surat
  • Lampiran
  • Hal : Permohonan Kalibrasi
  • Kepada Yth (karena menunjuk instansi bukan orang)
  • Alamat Instansi
  • Pembuka (Misalnya; Dengan Hormat)
  • Menyebutkan nama pemilik alat ukur atau pimpinan perusahaan
  • Isi dengan menyampaikan maksud ditulisnya surat
  • Tanda tangan dan nama terang
  • Melampirkan daftar alat yang dikalibrasi

Demikianlah penjelasan mengenai contoh surat permohonan kalibrasi beserta dengan cara mendapatkannya. Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bersama, bahwa sebelum melakukan kalibrasi perlu adanya surat permohonan kalibrasi dari instansi terkait. 

Hal ini karena prosedur kalibrasi telah memiliki standar, dan untuk menjaga standar tersebut diperlukan ketelitian dan izin dari lembaga terkait. Semoga dapat membantu Anda dalam menjawab pertanyaan seputar surat permohonan kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi