Kalibrasi Busur Baja : Tujuan, Manfaat, dan Cara Kalibrasinya

kalibrasi busur baja

Busur Baja adalah alat ukur  yang digunakan untuk mengukur sudut yang akan dibaca pada skala ukurnya. Seperti namanya alat ini terbuat dari material baja yang berbentuk setengah lingkaran dan batang pemegang kunci. Pada pelat setengah lingkaran ini dicantumkan skala ukuran sudutnya. 

Dalam penggunaannya busur baja ini bis digunakan untuk mengukur sudut-sudut alat potong cutting tool misalnya sudut dari mata bor drill ataupun muka pahat bubut.

Maka untuk menjaga agar pengukurannya tetap dalam keadaan akurat maka perlu dilakukan yang namanya kalibrasi. Apa itu kalibrasi busur baja dan bagaimana cara mengukurnya? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Busur Baja

Melakukan kalibrasi Busur Baja tentu bertujuan untuk menjaga agar nilai pengukuran tetap dalam keadaan akurat sesuai dengan standar pengukuran internasional. Selain itu tujuan kalibrasi busur baja adalah:

  • Memastikan bahwa nilai ketertelusuran pada dengan nilai Busur Baja sesuai dengan standar lebih tinggi.
  • Menentukan nilai deviasi atau penyimpangan yang ada pada Busur Baja.

Manfaat Kalibrasi Busur Baja?

Berikut ini adalah beberapa manfaat kalibrasi Busur Baja:

  • Membuat Busur Baja agar tetap keadaan normal dan sesuai spesifikasi.
  • Menjaga agar kualitas dari hasil produksi berkaitan dengan penggunaan busur baja.
  • Menemukan antara nilai dari hasil kalibrasi Busur Baja sudah sesuai dengan nilai dari standar internasional

Cara Kalibrasi Busur Baja

Dalam melakukan kalibrasi Busur Baja haruslah sesuai dengan prosedur yang berlaku meliputi persiapan peralatan, pelaksanaan kalibrasi, perhitungan kalibrasi, hingga pelaporan kalibrasi dengan penjelasan berikut ini.

  1. Menyiapkan Peralatan
    Prosedur kalibrasi awal dimulai dari persiapan berbagai alat yang digunakan dengan melakukan kalibrasi, diantaranya alat Busur Baja ini dan juga peralatan lain yang perlu digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Menyediakan Operator Kalibrasi
    Adapun pelaksana kalibrasi yang perlu melakukan proses kalibrasi agar dapat mendapatkan hasil pengukuran kalibrasi yang minim akan kesalahan perhitungan.
  3. Pemeriksaan kondisi Busur Baja
    Pengecekan kondisi lingkungan memang perlu dilakukan untuk memperhatikan alat ukur yang dikalibrasi dari kesalahan pengukuran. Ya hasil pengukuran bisa saja terjadi kesalahan akibat sensitifnya alat busur baja terhadap berbagai faktor lingkungan seperti temperatur, kelembaban, dan lain sebagainya.
  4. Menentukan metode kalibrasi dan rentang ukur Busur Baja
    Memilih metode kalibrasi serta rentang ukur busur baja haruslah sesuai dengan standar internasional. Dan hendaknya memilih metode kalibrasi yang paling mudah dari sekian banyak metode yang tersedia untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pengkalibrasian.
  5. Melakukan Kalibrasi Busur Baja
    Melakukan kalibrasi Busur Baja ini yang pertama adalah melakukan pengamatan awal bahwa fungsi dan fisik dari busur baja masih dalam keadaan normal, melakukan pembersihan busur baja dari berbagai kotoran dan debu agar dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Kemudian hasil pengukuran ini bisa diambil datanya serta dicatat sebagai bahan laporan.
  6. Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi yang berdasarkan pelaksanaan kalibrasi sebelumnya, perhitungan kalibrasi ini akan menentukan nilai seperti nilai penyimpangan, koreksi, konversi satuan, rentang ukur, dan persamaan regresi.
  7. Laporan Kalibrasi
    Hasil akhir kalibrasi adalah laporan yang berisikan tentang berbagai informasi tentang tindak lanjut dan kesimpulan dari hasil kalibrasi. Pelaporan ini berisikan tentang nilai ketidakpastian dan layak pakai.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Busur Baja

Parameter dan hasil kalibrasi busur baja ini berbentuk sertifikat yang dijadikan sebagai petunjuk bahwa busur baja ini sudah dilakukan kalibrasi serta memiliki nilai ketertelusuran yang sesuai dengan standar internasional.

Kesimpulan

Itulah bahasan kita kali ini tentang bagaimana cara mengkalibrasi busur baja untuk kebutuhan pengukuran sudut kemiringan suatu objek ukur. adapun penyedia jasa kalibrasi busur baja yang terakreditasi KAN seperti Kalibrasi.com.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi busur baja