Penjelasan Lengkap Cara Melakukan Kalibrasi RPM Meter

kalibrasi RPM Meter

RPM meter merupakan salah satu jenis parameter ukur yang sering ditemui di dalam industri. RPM ini juga sering disebut dengan tachometer yang sering digunakan pada berbagai macam industri termasuk bidang otomotif, perkapalan, mesin mekanis, dan lain sebagainya.

Melihat fungsi RPM meter ini memang sangatlah penting yakni untuk melakukan pengukuran kecepatan putaran pada objek yang sedang bergerak. Biasanya pengukuran RPM meter ini digunakan untuk mengetahui kecepatan putaran mesin pada sebuah mobil, atau mesin industri sehingga bisa menyesuaikan perpindahan gigi dengan menghitung perputaran kecepatan rotasi poros agar mesin tidak rusak.

Maka dari itu RPM meter ini dibutuhkan perawatan dan kalibrasi secara berkala untuk menjaga keakuratannya dalam menghitung kecepatan perputaran poros pada mesin. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan tentang kalibrasi RPM meter berikut ini.

Tujuan Kalibrasi RPM Meter

Tujuan Kalibrasi RPM Meter ini adalah untuk :

  1. Mendukung sistem mutu yang diterapkan pada berbagai jenis industri terutama pada peralatan yang berhubungan dengan RPM meter.
  2. Mengetahui perbedaan atau penyimpangan antara nilai dari alat ukur dengan alat ukur yang sudah memiliki nilai ketertelusuran dari standar yang lebih tinggi.

Manfaat Kalibrasi RPM Meter?

Selain tujuan, manfaat dari kalibrasi RPM meter adalah sebagai berikut:

  • Memahami dan menghitung dasar ketidakpastian pada RPM meter.
  • Mengetahui teknik kalibrasi, atau verifikasi RPM meter secara tepat.
  • Menyesuaikan persyaratan konsep kalibrasi dan menetapkan metode sesuai dengan standar acuan yang digunakan.
  • Memiliki pengakuan oleh masyarakat bahwa alat RPM meter ini sudah dikalibrasi sesuai dengan standar yang berlaku.

Cara Kalibrasi RPM Meter

Dalam melakukan kalibrasi RPM meter harus menggunakan melakukan prosedur kalibrasi yang benar. Adapun beberapa langkah melakukan kalibrasi sesuai prosedurnya yakni:

  1. Proses persiapan
    Proses persiapan ini mencakup mempersiapkan lembar kerja untuk pengambilan data, peralatan untuk kalibrasi, pendataan administrasi.
  2. Pelaksana kalibrasi RPM Meter
    Dalam melakukan kalibrasi RPM meter dibutuhkan orang yang ahli dalam melakukan kalibrasi. Dimana orang yang mampu melakukan kalibrasi ini dinamakan dengan kalibrator yang bersertifikat.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi RPM Meter
    Dalam melakukan kalibrasi hendaknya mengkondisikan lingkungan meliputi suhu ruangan, kelembaban ruangan, cahaya, dan lain sebagainya.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur RPM Meter
    Dalam melakukan kalibrasi hendaknya menggunakan metode kalibrasi yang sesuai dengan standar yang berlaku. Dalam hal ini kalibrator bisa menggunakan metode dari standar ISO ataupun SNI. Adapun metode kalibrasi RPM meter yang digunakan oleh kalibrasi.com adalah IK.KL-11, TO-EM-7.01, MK-RM; SANAS TR 45-02(2017) dengan rentang ukur :
    1200RPM ~ 99000RPM
    60RPM ~ 120000RPM
    60RPM ~ 900RPM
    900RPM ~ 1500RPM
    1500RPM ~ 600RPM
    6000RPM ~ 9000RPM
    9000RPM ~ 12500RPM
    25RPM ~ 100000RPM
  5. Pelaksanaan kalibrasi RPM Meter
    Setelah semuanya sudah ditentukan mulai dari peralatan hingga metode, maka dilakukanlah pengamatan kalibrasi RPM meter apakah masih berfungsi dengan normal. Selain itu juga diuji terlebih dahulu apakah hasil pengukuran masih menunjukan hasil yang wajar atau tidak.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi dapat dilakukan untuk mendapatkan nilai rata-rata (mean), standar deviasi, standar deviasi baku, perhitungan hasil kalibrasi akan menjadi bahan acuan untuk penentuan isi laporan.
  7. Pembuatan laporan
    Prosedur terakhir adalah pembuatan laporan harus sesuai dari hasil pengukuran yang didapat. Hasil pelaporan ini harus sesuai dengan standar ISO mencakup informasi tentang peralatan atau sistem yang dikalibrasi, standar yang digunakan, hasil pengukuran, dan rekomendasi dari tindak lanjut yang akan dilakukan setelahnya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi RPM Meter

Adapun parameter dan hasil kalibrasi dari RPM meter ini berupa 2 kondisi yakni:

  1. Keselamatan listrik aman atau tidak.
  2. Kinerja yang masih dalam batas toleransi atau perlu penyetelan ulang.

Kesimpulan 

Demikian bahasan kita kali ini tentang pentingnya kalibrasi RPM meter yang harus sesuai dengan standar yang berlaku. Adapun jasa penyedia kalibrasi RPM meter yang terakreditasi seperti Kalibrasi.com. untuk lebih jelasnya bisa klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi RPM Meter