Kegunaan Osiloskop dalam Kehidupan Sehari-hari yang Dibutuhkan

kegunaan osiloskop dalam kehidupan sehari-hari

Kegunaan osiloskop dalam kehidupan sehari-hari secara umum digunakan untuk mengamati bentuk gelombang yang tepat dari sinyal listrik yang menunjukkan amplitudo sinyal, distorsi, waktu antara dua peristiwa dan waktu relatif dari dua sinar yang saling berkaitan. Bagi orang awam mungkin alat ini tidak cukup familiar digunakan. Namun alat ini sangatlah membantu teknisi perbaikan, insinyur dan pendidik dalam merancang, membuat dan memperbaiki peralatan elektroniknya.

Dengan harga yang tidak terlalu mahal osiloskop yang andal dan kaya fitur juga sangat membantu berbagai kebutuhan pengukuran listrik sehari-hari yang tidak dapat dilakukan multimeter. Untuk lebih lengkapnya berikut merupakan kegunaan osiloskop dalam kehidupan sehari-hari

Osiloskop Dapat Berperan Menjadi Multimeter

Seperti yang telah disinggung sebelumnya osiloskop merupakan alat ukur kelistrikan yang fungsinya mirip dengan multimeter namun lebih kompleks dan jauh lebih keren. Dimana fungsi utama osiloskop adalah mengukur bentuk gelombang listrik. Namun tidak hanya itu saja alat ini juga dapat diandalkan untuk mengukur level tegangan yang sebagian besar konstan. 

Oleh karena nya sebagian besar osiloskop dapat melakukan fungsi multimeter dan bahkan apa yang tidak dapat dilakukan oleh sebagian besar multimeter, seperti mendeteksi fluktuasi kecil pada tegangan catu daya.  Dengan fungsinya yang kompleks osiloskop tidak hanya dapat diandalkan sebagai multimeter namun mampu menawarkan fungsi lainnya. 

Osiloskop Dapat dengan Mudah Menemukan Kesalahan Sederhana

Selain mampu berperan sebagai multimeter, penggunaan osiloskop juga dapat dengan mudah menemukan kesalahan sederhana. Dimana kesalahan kecil seperti sketsa demo agar lampu menyala dengan benar dapat teratasi dengan mudah. Hanya menghubungkan ke osiloskop dan mengukur periode lampu menyala dan dengan mudah osiloskop akan menemukan kesalahannya. Semudah itu perangkat ini dalam mendeteksi kesalahan pada sinyal listrik dengan akurat.

Kegunaan Osiloskop dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Mengumpulkan Data

Selain dapat diandalkan untuk menemukan kesalahan pada rangkaian listrik, kegunaan osiloskop dalam kehidupan sehari-hari juga membantu memudahkan pengguna dalam mengumpulkan data.  Hal ini karena Osiloskop yang dirancang masa kini telah memiliki fitur mode ekspor CSV. Dimana titik data yang dikumpulkan selama beberapa detik, akan disimpan ke stik USB. 

Anda dapat membawa berkas CSV ke spreadsheet seperti numbers atau excel untuk memudahkan analisis lebih lanjut. Terdapat banyak kasus dimana fitur penyimpanan data ini sangat berguna bagi pengguna. Seperti saat Anda mendapatkan rumus yang tepat untuk bentuk gelombang trigonometri. 

Osiloskop Merupakan Alat Pendidikan

Seorang pendidik menggunakan osiloskop untuk membantu menerangkan bentuk gelombang, mengukur fenomena listrik dan lain sebagainya. Alat canggih ini dapat memberikan siswa cara konkrit untuk memahami ide-ide dari prinsip-prinsip mendasar yang memungkinkan mereka melihat dan mempelajari bentuk gelombang listrik. 

Kemampuanya dalam memproyeksikan bentuk sinyal sebenarnya tidak banyak yang dapat dipelajari dari mengamati titik-titik dalam rangkaian. Namun dengan melihat perubahan bentuk gelombang atau dengan melihat bit dan byte yang ditransmisikan dari suatu perangkat, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang betapa rumitkan beberapa rangkaian. 

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai kegunaan osiloskop dalam kehidupan sehari-sehari. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa Osiloskop menjadi alat yang sering digunakan dalam memproyeksikan gelombang listrik untuk kemudian diamati dalam bentuk gelombang yang tepat dari sinyal listrik. Dengan kemampuannya tersebut osiloskop dapat diandalkan untuk kebutuhan pengukuran kelistrikan yang lebih kompleks seperti menggantikan multimeter, memecahkan masalah yang sederhana, mengumpulkan data dan bahkan sebagai alat pendidikan.